Pembebasan Dosa dan Miniatur Padang Mahsyar

Senin 17-06-2024,00:08 WIB
Reporter : Adam
Editor : Azmaliar Zaros

Artinya: (yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih,  (QS. Asy’Syuara’: 88-89)

Wukuf di ‘Arafah ini mengajarkan kepada kita bahwa kita akan kembali kepada Allah SWT untuk mempertanggungjawabkan amal. Untuk itu dibawah tenda wukuf yang mulya ini, khotib mengajak  mari kita merenung eksistensi diri  dengan menjawab pertanyaan berikut ; 

 

PERTAMA, DARI MANA KITA BERASAL, KEDUA,  SEDANG DIMANA KITA SEKARANG, KETIGA, MAU KEMANA KITA SETELAH  INI, KEEMPAT,  APA  YANG HARUS KITA PERSIAPKAN. 

Secara jujur kita akan menjawab bahwa kita berasal dari Allah, diciptakan dari setetes Air atau tercipta dari sari pati tanah, kita sekarang berada di dunia, kita akan kembali kepada Allah, dan  bekal yang harus kita persiapkan adalah  amal shalih. 

 

‘Arafah Wukuf Jasadi

Wukuf yang kita lakukan saat ini adalah wukuf secara syariat atau lahiriah. Yakni berdiam atau berhenti di ‘Arafah, dan hal itu disebut wukuf jasadiy.  

Khatib mengajak, mari kita juga wukuf  rohani atau wukuf qolbi yakni berkekalan hati dengan Allah. Hati  selalu ingat, dekat, menyatu dengan Allah.  Wukuf qolbi/rohani disebut juga  zikir qolbi atau khofi   yakni zikir yang  tidak berhuruf dan tidak bersuara.   

 

Orang yang terbiasa dengan zikir qolbi, maka hatinya akan tenteram.  Ketika mendapat nikmat maka ia   RU’YATUL MUN’IM  WALAISA RU’YATUNNI’MAH (melihat kepada sang pemberi nikmat (Allah)  dan bukan melihat materi nikmat).  Ketika melihat gunung dan laut yang indah, maka  yang ia lihat adalah Allah pencipta laut atau gunung.   

Allah berfirman   yang artnya:” (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS: Ar-Ra’du: 28). 

 

Wukuf jasadi  terbatas hanya pada hari ini saja, tetapi jika wukuf rohani (berkekalan hati dengan Allah) akan tetap bisa kita lakukan dimanapun, kapanpun dan  dalam situasi yang bagaimanapun. Wukuf rohani tidak dibatasi oleh ruang dan waktu seperi wukuf jasady.  

Oleh karena itu,  setelah pulang dari haji nanti  mari kita wuquf  qolbi di  tanah air atau dirumah masing-masing.  Mari kita perkuat ALLAH GHAYATUNA (Hanya Allah tujuan). ILAHI ANTA MAQSUDIY WARIDHAKA MATHLUBIY. (Hanya Allah yang aku maksud dan Ridha-NYA yang ku tuntut). Mari menjadi  haji atau wukuf sepanjang hayat.

 

Kategori :