Aset Pemerintah Provinsi Bengkulu yang Terkatung-Katung Segera Disertifikat, Proses ini Dikawal KPK

Senin 05-08-2024,06:10 WIB
Reporter : windi junius
Editor : syariah muhammadin

 

radarbengkuluonline.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu semakin serius dalam menangani sertifikasi aset milik Pemerintah Daerah (Pemda).

Upaya ini mendapatkan perhatian khusus setelah kunjungan Tim Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Wilayah I ke Bengkulu, dengan tujuan memperkuat tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

Dalam kunjungan tersebut, Inspektur Inspektorat Provinsi Bengkulu, Heru Susanto, menjelaskan pentingnya percepatan sertifikasi aset Pemda.

Menurutnya, langkah ini krusial untuk memastikan aset-aset pemerintah daerah terlindungi secara administratif dan menghindari potensi masalah hukum dimasa mendatang.

“Kita mengkhususkan area intervensinya mengenai manajemen aset maupun pendapatan,” ujar Heru.

Heru menambahkan, pendampingan dari KPK diharapkan mampu memberikan solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi Pemda. Terutama dalam proyek-proyek strategis.

Heru menegaskan, KPK memiliki peran penting dalam mengawal dan menyelesaikan permasalahan aset-aset pemerintah daerah yang selama ini terkatung-katung.

Tim Korsup KPK dengan komponen pencegahan dan penindakan diharapkan bisa memberikan bantuan signifikan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

"Tim lengkap di koordinasi supervisi KPK itu kan ada pencegahan dan ada penindakan. Beberapa minggu yang lalu kan datang lengkap. Baik koordinasi supervisi pencegahan maupun penindakan. Kemudian disepakati untuk diselesaikan secara baik-baik," jelas Heru. 

Ia optimis kesepakatan ini akan segera ditindaklanjuti dan memberikan dampak positif terhadap pengelolaan aset daerah.

Heru juga mengungkapkan bahwa pendekatan kolaboratif antara Pemda Bengkulu dan KPK menjadi kunci utama dalam menyelesaikan berbagai persoalan aset yang kompleks. 

Pertemuan yang melibatkan berbagai pihak ini mendorong transparansi dan komunikasi yang efektif. Sehingga setiap aset dapat diidentifikasi dan dicatat dengan jelas.

BACA JUGA:Alamat Tempat Makan Srasadesa Madiun Jawa Timur yang Menawarkan Konsep Pedesaan

BACA JUGA:Rating Bakmie Kaya Madiun Sangat Bagus di Google Maps, Tempat Kuliner Murah dan Enak

Kategori :