3.515 Peserta Seleksi CPNS Pemprov Bengkulu Lolos Adminitrasi, Siapkan Diri Tes CAT

Jumat 20-09-2024,12:17 WIB
Reporter : windi junius
Editor : syariah muhammadin

"Kami menemukan banyak pelamar yang salah memilih formasi atau tidak sesuai dengan syarat akreditasi. Hal ini mengakibatkan mereka gugur di tahap administrasi." 

Satu lagi kesalahan yang sering dilakukan adalah dalam penulisan surat lamaran. Masih banyak pelamar yang tidak mencantumkan alamat tujuan pengiriman surat lamaran. 

"Meskipun mereka melamar di Pemprov Bengkulu, surat lamaran yang diajukan tidak menyebutkan tujuan dengan jelas. Ini tentu menjadi masalah serius. Karena, dokumen yang diajukan dianggap tidak lengkap." 

Selain itu, banyak pelamar yang mengunggah dokumen ijazah dalam bentuk fotokopi yang tidak dilegalisasi. Padahal, sesuai ketentuan, pelamar wajib mengunggah ijazah asli atau salinan yang telah dilegalisasi. 

"Kami mendapati banyak pelamar yang hanya mengunggah fotokopi ijazah tanpa cap resmi atau legalisasi. Ini menyebabkan mereka tidak memenuhi syarat administrasi." 

Bagi 3.515 pelamar yang lolos seleksi administrasi, tantangan berikutnya adalah menghadapi tes tertulis dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Ujian ini dikenal cukup sulit dan memerlukan persiapan yang matang. 

Peserta harus memahami dengan baik materi-materi yang akan diujikan. Seperti tes intelegensi umum (TIU), tes wawasan kebangsaan (TWK), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

 

 

Gunawan menjelaskan, jadwal ujian CAT sudah ditentukan dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

 

 "Peserta yang telah lolos seleksi administrasi wajib mengikuti tes CAT sesuai jadwal yang telah diumumkan. Mereka harus mempersiapkan diri dengan baik. Karena, ujian ini merupakan salah satu tahap penting dalam seleksi CPNS." 

 

 

Selain persiapan materi ujian, pelamar juga diimbau untuk memperhatikan kelengkapan administrasi saat ujian. 

 

Kategori :