Begini Cara Hutama Karya Mendukung Pengembangan UMKM di Sumatera Barat

Kamis 03-10-2024,18:55 WIB
Reporter : tim redaksi
Editor : syariah muhammadin

radarbengkuluonline.id –  PT Hutama Karya (Hutama Karya) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) HK Peduli Kreatif menggelar workshop bertajuk Strategi Digitalisasi Kreatif secara hybrid dengan tema 'Membangun Rekam Jejak Digital dan Popularitas UMKM Sumatera Barat'.

Program TJSL ini salah satu bentuk dukungan Hutama Karya terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Sumatra Barat.

Kegiatan ini diikuti oleh 170 pelaku UMKM yang bergerak di sektor fashion, kerajinan, maupun makanan dan minuman, workshop berlangsung mulai Senin (23/9) dengan sesi online, kemudian dilanjutkan dengan sesi offline di dua lokasi yaitu di Aula Kantor Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Khatib Sulaiman, Kota Padang, Rabu (25/9) serta di Aula Kantor Bupati Padang Pariaman, Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (26/9).

BACA JUGA:Tarif Baru Tol Sigli-Banda Aceh Sesuai Keputusan Menteri PUPR No. 1980/KPTS/M/2024 Dalam Rilis Hutama Karya

BACA JUGA: Hutama Karya Salurkan Rp 5,42 Miliar untuk Program TJSL Semester I Tahun 2024 Untuk Pembangunan Berkelanjutan

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim menyampaikan bahwa workshop tersebut bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM dalam memanfaatkan potensi digital, guna meningkatkan daya saing dan memperluas jangkauan pasar.

Saat ini, banyak pelaku UMKM menghadapi keterbatasan pengetahuan terkait teknologi digital serta kesulitan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang pesat.

“Pelaku UMKM cenderung melihat teknologi dan pemasaran online hanya terbatas pada penggunaan media sosial dengan fokus utama untuk penjualan, bukan membangun branding,” ujar Adjib.

Berkolaborasi dengan Penakita.id, DJPb Sumatra Barat, serta Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah setempat, materi workshop disesuaikan dengan kebutuhan peserta, dimana fokus utamanya mengenai teknik copywriting dan teknik fotografi yang disampaikan oleh Founder Penakita.id & Mitme.id Adhitya Noviardi, Senior Marketing & Communication Strategist Penakita.id Laila Ramdhini, serta Akademisi Multimedia, Sofia Yosse, M.Sn.

Lebih lanjut Adjib menjelaskan bahwa kegiatan ini juga menjadi langkah awal dalam menyaring UMKM potensial di Sumatra Barat untuk dirangkul menjadi UMKM binaan Hutama Karya.

“Pelaku UMKM yang menunjukkan potensi besar, berpeluang direkomendasikan menerima pinjaman lunak dan mempromosikan produk mereka di Galeri UMK di HK Tower untuk memperluas eksposur serta akses pasarnya,” imbuh Adjib.

BACA JUGA:Bank Bengkulu Serahkan Pinjaman Modal Usaha Rp 1 Miliar Kepada Tiga Pelaku UMKM Kabupaten Kaur

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Cianjur yang Khas, Ada Kebun Raya Cibodas Hingga Gunung Padang

BACA JUGA:3 Tempat Merayakan Anniversary dan Dinner Romantis di Padang, Lokasinya Nyaman dan Bikin Betah

Adjib kembali menjelaskan setelah kegiatan ini, Hutama Karya bersama Penakita.id akan memberikan sesi pendampingan khusus selama 1 (satu) bulan kepada para peserta untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai pengembangan aset digital masing-masing.

Kategori :