Pemkot Bengkulu Seriusi Tentang Kenakalan Remaja dan Keterlibatan Pelajar Dalam Geng Motor

Sabtu 05-10-2024,00:04 WIB
Reporter : Naura qristina
Editor : Syariah muhammadin

 

Kasubdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Bengkulu, AKBP Julius Hadi Harjanto, yang juga hadir dalam sosialisasi ini, menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu. 

 

"Kami telah mengadakan sosialisasi untuk kepala sekolah SD dan SMP, serta berkolaborasi dengan Dikbud Provinsi untuk tingkat SMA dan SMK. Tujuannya adalah untuk menekan aktivitas geng motor yang sebagian besar melibatkan siswa," kata Julius.

 

Julius juga mengungkapkan bahwa hampir 90% anggota geng motor di Bengkulu merupakan pelajar dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/SMK. 

 

"Ini menjadi perhatian serius bagi kita semua. Oleh karena itu, kerjasama antara kepolisian dan Dinas Pendidikan akan terus berlanjut untuk menekan angka kenakalan remaja, terutama terkait geng motor," tegasnya.

 

Dalam hal penegakan hukum, Julius menyebut bahwa pihaknya akan menerapkan Undang-Undang Darurat terkait kepemilikan senjata tajam. 

 

"Kami akan menindak tegas siswa yang terlibat geng motor dan membawa senjata tajam, baik yang sudah di atas umur maupun di bawah umur. Untuk anak-anak yang terlibat, akan ada upaya diversi sesuai aturan yang berlaku," pungkasnya.

 

Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kepala sekolah dan pelajar tentang pentingnya menjaga perilaku, serta mencegah keterlibatan dalam geng motor dan tindakan kekerasan yang dapat merusak masa depan generasi muda. 

Kategori :