Jangan Anggap Remeh, Ini 5 Manfaat Aktivitas Berjemur di Pagi Hari

Kamis 17-10-2024,10:53 WIB
Reporter : Naura qristina
Editor : Syariah muhammadin

 

radarbengkuluonline.id  - Aktivitas Berjemur di bawah sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama dalam meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh. 

Vitamin D, yang dikenal sebagai "vitamin matahari", sangat penting untuk kesehatan tulang, kekebalan tubuh, dan fungsi metabolisme. 

Selain itu, paparan sinar matahari pagi juga membantu meningkatkan mood dan kesejahteraan mental secara keseluruhan.

BACA JUGA:7 Lokasi Wisata Alam di Provinsi NTT yang Indah dan Bisa Dijadikan Tempat Liburan Baru Lihat Komodo Berjemur

BACA JUGA:6 Manfaat Hebat Jika Meminum Kopi di Pagi Hari, Ini Alasan dan Penjelasannya

Dilansir dari National Institutes of Health (NIH), Journal of Investigative Medicine, berikut 5 Manfaat berjemur di pagi hari untuk peningkatan vitamin D dan kekebalan tubuh.

1. Sumber Alami Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerap kalsium, yang merupakan komponen penting dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang.

Tanpa vitamin D yang cukup, risiko penyakit seperti osteoporosis dan osteomalasia akan meningkat. 

Matahari pagi adalah sumber alami terbaik untuk meningkatkan kadar vitamin D, yang diserap oleh kulit saat terpapar sinar ultraviolet B (UVB).

Menurut beberapa penelitian, berjemur selama 10-30 menit di pagi hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

Vitamin D juga berperan penting dalam mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Dengan kadar vitamin D yang memadai, tubuh lebih mampu melawan infeksi dan menjaga kekebalan terhadap penyakit. 

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health (NIH) menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin D yang cukup memiliki risiko lebih rendah terkena infeksi saluran pernapasan.

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Kategori :