Begini Langkah Awal Untuk Cegah Penyakit Ngorok pada Hewan Ternak

Selasa 22-10-2024,00:04 WIB
Reporter : Fahmi
Editor : Azmaliar Zaros

Setelah melakukan langkah penanganan awal untuk penyakit SE,petani diharapkan cepat menghubgi petugas.Saat ini  petugas dari Dinas Pertanian bidang Kesehatan Hewan sudah mengirimkan sampel organ tubuh hewan yang sudah mati dan sampel darah yang terkena penyakit SE ke Balai Veteriner Lampung dan penyakit yang menyerang hewan positif SE.

Dengan adanya penyakit SE,pihaknya juga mendapatkan dari Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu berupa vaksin. Kalau untuk obatnya saat ini belum bisa didapatkan,tetapi pihaknya mengantisipasi dengan obat - obat yang dikonsumsi oleh manusia seperti obat demam,vitamin.Saat ini untuk vaksin sudah diberikan kepada hewan yang belum terjangkit. Kalau yang sudah terkena, tidak diberikan lagi vaksinnya.

BACA JUGA:Ternak Mati Mendadak di Bengkulu Selatan dan Kaur Terjangkit Wabah Septicaemia Epizootica

BACA JUGA:Ini Dia Penyebab Tentang Kurangnya Jabatan Fungsional di Pemkab Bengkulu Selatan

 

"Untuk mengurangi penyebaran, kita harapkan hewan ternak bisa dikandangkan oleh para petani. Apalagi saat ini penyakit SE ini bukan hanya menyerang pada hewan ternak kerbau,tetapi saat ini untuk jenis hewan ternak sapi juga sudah ada yang terjangkit.Tetapi yang lebih baik kita harus mengandalkan hewan tersebut,"pungkas Ikat.

 

Kategori :