Kades Diminta Semakin Inovatif

Kades Diminta Semakin Inovatif

RBO, BENTENG - Para Kepala desa (kades) dibantu oleh BPD dan tokoh masyarakat diminta dapat merencanakan pembangunan di desa masing-masing agar lebih bervariasi dan berinovasi untuk menuju kemandirian desa.

Menurut Wakil Bupati (Wabup-red) Benteng, Septy Peryadi,S.TP perlu adanya bursa inovasi desa karena didalamnya terdapat pertukaran pengetahuan tentang kegiatan yang bersifat inovasi.

"Dengan adanya bursa inovasi desa ini kepala desa dapat melihat keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh desa lain di luar sana," terangnya saat membuka acara Bursa Inovasi Desa Kecamatan Talang Empat Kabupaten Benteng, kemarin (15/7).

Dibagaian lain, untuk membangun desa kepala desa dapat mengadopsi dan mereplikasi kegiatan tersebut untuk dilaksanakan di desa, tentu saja disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.

Tak hanya itu, ia meminta agar para kades mempunyai komitmen yang tinggi terhadap program yang akan dilaksanakan di desa dengan memasukkan ke dalam rencana kerja pembangunan desa untuk tahun 2020.

"Komitmen yang tinggi dari kepala desa BPD dan tokoh masyarakat sangat menentukan keberhasilan pembangunan pasca bursa," terangnya.

Sementara itu, ia juga berharap penggunaan dana desa dapat berdampak kepada pemenuhan kebutuhan infrastruktur yang berkualitas peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan ekonomi masyarakat yang pada akhirnya dapat mewujudkan desa yang mandiri secara ekonomi.

Selain itu, bursa inovasi desa ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pembangunan di desa. Dengan demikian diharapkan kades dan aparat desa dapat menggunakan dana desa untuk mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi pedesaan, serta pembangunan kapasitas desa yang berkelanjutan untuk kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat menuju desa mandiri. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: