Siswa SMAN 5 Kota Bengkulu Ciptakan Alat Kontrol Otomatis Rumah Hidroponik

Siswa SMAN 5 Kota Bengkulu Ciptakan Alat Kontrol Otomatis Rumah Hidroponik

RBO  >>>   BENGKULU  >>>   Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Kota Bengkulu patut berbangga hati atas torehan prestasi yang diraih siswa mereka, yang mendapat juara umum jenjang SMA/SMK pada lomba Kontes Robot Bengkulu (KROB) beberapa hari yang lalu. Siswa/siswi SMAN 5 tersebut, berhasil menciptakan alat kontrol otomatis Rumah Hidroponik.

Livia, salah satu tim dari SMAN 5 Kota Bengkulu mengatakan, alat ini diciptakan terinspirasi dari tanaman hidroponik yang ada di sekitar sekolah.

"Indonesia ini merupakan negara agraris dan kebetulan di sekitar sekolah kami ada tanaman hidroponik. Karena itu, dari situlah terinspirasi untuk mencoba merancang alat pendeteksi ini. Jadi, ketika air yang tersedia habis, maka alarm akan berbunyi secara otomatis," ujar Livia pada RADAR BENGKULU, kemarin.

Untuk itu, dengan mengharumkan nama sekolah dibidang robotika, supaya teman-temannya yang lain dapat mengikuti jejak mereka untuk berpestasi membanggakan sekolah. "Sebagai motivasi siswa lain, jangan berhenti berusaha. Bekerjakeras dan berdoa. Sebab, usaha tidak ada mengkhianati hasil," katanya.

Diketahui, peserta kontes robot ini, diikuti dari berbagai pelajar. Mulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK, memperebutkan piala dari Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Supratman MH, dalam rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Bhayangkara Republik Indonesia ke-73, di gelar Kontes Robot Bengkulu (KROB). Sementara itu, Ketua Robotic Organizing Committee (ROCI) Bengkulu  AKBP Prianggodo Heru Kunprasetyo, S.Ik mengatakan, kedepan dengan adanya kegiatan ini dapat terus berlanjut. Sehingga akan menciptakan para siswa yang cerdas dalam teknologi robotika.

"Ini baru tahun kedua kami mengadakan lomba kontes robot. Ditahun berikutnya, semoga antusias siswa dalam mengikuti kontes robot dapat lebih membludak. Sehingga, Bengkulu juga menghasilkan bibit muda berbakat pada robotika," tutupnya. (Ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: