Memukau, Pagelaran Seniman Sendratasik UNP

Memukau, Pagelaran Seniman Sendratasik UNP

RBO  >>>  BENGKULU  >>>   Sebanyak 130 seninam dari mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) berhasil memukau ratusan para pelajar, mahasiswa dari jenjang SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi di Kota Bengkulu dengan penampilan pentas seninya. Baik itu kreasi seni tari, nyanyi lagu tradisional, teater, dance K-POP dan lain-lain, bertempat di Aula Hotel Raffles City, kemarin.

Diketahui, pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai bentuk pertunjukan karya mahasiswa dan pengenalan pentas di luar kampus. Pada matakuliah Dramaturgi dan Manajemen Seni Pertunjukan, Jurusan Sendratasik UNP.

Ketua Harian Ikatan Alumni (Iluni) UNP,  Dr. H. Syafrizal mengucapkan terima kasih pada panitia penyelenggara, yang telah menyukseskan acara ini. Terlebih lagi, dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi dan Kota, hadirnya seniman dari UNP tersebut. "Malam ini (Jumat-red), mereka akan menampilkan pagelaran seni budaya, di Balai Kota, langsung dijamu makan bersama Walikota Bengkulu, Helmi Hasan. Keesokan harinya, (Sabtu-red) malam, giliran Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyambut kedatangan mereka, melihat penampilan para seniman ini," ujar Syafrizal pada RADAR BENGKULU, kemarin.

Syafrizal juga mengapresiasi para alumni Sendratasik, telah menyukseskan kegiatan tersebut. Apalagi, alumni Sendratasik tahun 80an. "Alhamdulillah, kegiatan ini berlangsung dengan sukses dan meriah. Awalnya kami pesimis, terlebih lagi melibatkan Gubernur dan Walikota, tapi semuanya dapat terselenggara dengan semestinya," terangnya.

Menurutnya, alumni UNP juga sangat berperan menghadirkan Gubernur dan Walikota, tidak lepas dari campur tangan Syah Bandar, yang merupakan GM Harian RADAR BENGKULU. "Selama di Bengkulu, kami harapkan para seniman beserta dosem pembimbing, dapat menikmati destinasi wisata di Bumi Rafflesia. Baik itu, Pantai Panjang, rumah pengasingan Bung Karno, Rumah Fatmawati dan masih banyak lagi," tuturnya.

Disisi lain, Ketua Umum Iluni UNP, Drs. H. S. Effendi, MS sangat menyambut baik kegiatan tersebut. Apalagi, turut melibatkan peran alumni UNP yang ada di Kota Bengkulu. "Mereka tidak salah memilih Bengkulu untuk menggelar pagelaran seni mahasiswa Sendratasik ini," kata Effendi pada RADAR BENGKULU, kemarin.

Effendi berharap, ratusan para pelajar dan mahasiswa di Kota Bengkulu, dapat mengambil ilmu yang ditampilkan para seniman itu. Sehingga, dapat termotivasi seperti mereka. Apalagi, mau berkenan melanjutkan studi perguruan tinggi ke UNP. "Ini sebagai wadah untuk menampilkan kreasi para pelajar, jangan tinggalkan yang bersifat tradisional, tapi dibudayakan. Kalau bisa dikolaborasikan dengan tarian ataupun musik modern saat ini," ucapnya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Sendratasik, Dr. Fuji Astuti, M. Hum mengatakan, kegiatan ini mengikutsertakan mahasiswa Sendratasik, sebanyak 130 orang terdiri dari 2 anggkatan, 2017 dan 2019, untuk mata kuliah Manajemen Seni Pertunjukan, mengemas seni pertunjukan sesuai gerak dan lintas budaya. "Untuk tahun ini, sengaja kami memilih Provinsi Bengkulu. Biasanya di Jambi, Pekan Baru, Yogyakarta dan Provinsi lainnya," ujar Fuji pada RADAR BENGKULU, kemarin.

Fuji berharap, kegiatan ini bukan berhenti sebatas ini saja. Namun ada tindaklanjut kedepannya seperti apa. Apalagi, mahasiswa Sendratasik juga banyak asli Bengkulu dan kembali ke Bengkulu mengabdi menjadi seorang dosen dan lain-lain. "Kerjasama yang baik ini, perlu ditingkatkan kedepannya. Jadikan sebagai wadah menjaga silaturahmi diantara keluarga besar UNP dan Bengkulu," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: