Ini Dia Prioritas Usulan Hasil Musrenbangdes Air Menganyau

Ini Dia Prioritas Usulan Hasil Musrenbangdes Air Menganyau

RBO, ARGA MAKMUR - Pemdes dan BPD Air Manganyau, Kecamatan Batik Nau melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun Anggaran 2021. Acara tersebut dibuka langsung oleh Camat Batik Nau, Sabani, SH yang diwakili Kasi PMD Maryono yang juga di hadiri Kades, Bambang Trianto, Kasi Pelum, A. Munir, Kapolsek IPDA Susilo, SH, MH, BPD, Perangkat Desa, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Bhabin Kamtibmas, Kelembagaan Desa dan Perwakilan Masyarakat, Senin (09/12) Kemarin.

Camat Batik Nau, Sabani, SH yang diwakili Kasi PMD Maryono mengatakan bahwa tidak ada satu pun pembangunan yang dapat dilaksanakan Pemdes, tanpa melalui mekanisme perencanaan. “Seluruhnya harus masuk dalam sistem perencanaan pembangunan, melalui mekanisme Musrenbangdes ini, hasil Musrenbandes ini akan dibawa pada Musrenbangcam di tingkat kecamatan selanjutnya di Musrenbang Kabupaten, Musrenbang Provinsi dan Musrenbangnas,” kata dia.

Sementara itu, Kades Air Manganyau, Bambang Trianto mengajak warga menyampaikan usulan pembangunan di desa ini harus mengacu dengan RPJMDes Air Manganyau. “Kita tentu banyak keinginan dan usulan pembangunan, namun lantaran angaran yang terbatas, jadi yang kita usulkan yang diprioritaskan saja," Kata Bambang. (bri)

Hasil Musrenbangdes Air Manganyau yang akan dibawa dalam Musrenbangcam yakni :

  1. Bidang Fisik dan Prasarana :
  2. Pengaspalan/Hotmix Jalan, Lokasi Air Manganyau ke Air Solok sepanjang 6.000 Meter.
  3. Peningkatan Jembatan Penghubung Dari Lantai Papan ke Beton Lokasi Dusun 3, RT 5 Sebanyak 2 Unit dengan ukuran 4x6 Meter dan 4x16 Meter.
  4. Pengaspalan Jalan Hotmix dari Air Manganyau ke Unit 8 Lokasi Dusun 4 sepanjang 15.000 Meter.

  1. Bidang Ekonomi :
  2. Pengadaan Bibit Sapi Untuk 15 Kelompok Sebanyak 427 Ekor.
  3. Pengerasan Jalan Produksi Lokasi Dusun 3 RT 5-6 dan Dusun 4 sepanjang 13.000 Meter.
  4. Penambahan Modal UKM untuk 7 Kelompok sebesar 1,5 Milyar

III. Bidang Sosial Budaya

  1. Pembangunan Pagar TK, SDN 146 BU, SMPN 41 BU, Penambahan Lokal SMPN 41 BU. Rehab Gedung SMPN 41 BU sebanyak 1 Paket, Lokasi TK, SDN 146 BU, SMPN 41 BU.
  2. Rehab PUSTU dan Pagar PUSTU, Lokasi PUSTU Desa Air Manganyau Sebanyak 1 Paket.
  3. Pengadaan Tenda dan Alat Pesta Untuk 1 Kelompok Karang Taruna 1 Paket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: