Dinas Pertanian Kembangkan Lada Lokal

Dinas Pertanian Kembangkan Lada Lokal

RBO, KEPAHIANG - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kepahiang bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) untuk pengembangan lada varietas di Kabupaten Kepahiang. Sejauh ini sampel lada Kepahiang sudah diteliti keunggulannya. Hingga saat ini Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang mempersiapkan persyaratan terkait dengan pengembangan benih lada lokal tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP mlelalui Kabid Perkebunan, Deva Yurita Ambarini, SP mengatakan, untuk pengembangan lada lokal tersebut sampelnya sudah diambil dan sudah diteliti BPTP Provinsi Bengkulu. Program ini salah satu upayakan Dinas Pertanian untuk melakukan peningkatan produksi dan mutu tanaman lada di Kabupaten Kepahiang. "Kalau untuk pengembangan baru akan direncanakan, karena pada beberapa wilayah kecamatan seperti Seberang Musi dan Bermani Ilir sudah mengembangkan lada. Bukan tidak mungkin wilayah lain akan dikembangkan juga," beber Deva.

Pengembangan komoditi (rehabilitasi, intensifikasi dan diversifikasi), peningkatan kemampuan sumberdaya manusia terkait pengembangam komoditi terus dilakukan. Pengembangan lada di wilayah Kabupaten Kepahiang sudah lumaian banyak. Produktivitas lada yang rata-rata mencapai 500 kilo gram per Ha pertahun dengan harga Rp 80 ribu sampai dengan Rp 100 ribu perkilogramnya. Setelah pelepasan benih lada varietas lokal, benih yang digunakan adalah benih lokal, hanya saja masih menunggu legalitas atau SK Kementerian Pertanian pusat.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: