Harga Sawit di Mukomuko Mulai Turun

Harga Sawit di Mukomuko Mulai Turun

RBO  >>>   MUKOMUKO  >>>   Banyak masyarakat berharap harga sawit terus menanjak. Harapan tersebut sempat terbuka. Pasalnya, sejak beberapa bulan terakhir harga sawit terus berada pada tren positif. Ada masyarakat yang memprediksi, sekaligus menjadi harapannya harga sawit akan sampai pada level Rp 2.000 per kg.

      Dengan harga Rp 2.000 per kg itu, dirasa sudah cukup membuat masyarakat puas. Sebab, itu merupakan hal langkah jika dibandingkan harga sawit lima tahun belakangan ini.

      "Kalau harga sawit Rp 2.000 per kg, sekalipun di tingkat pabrik, saya rasa sudah cukup. Hitungannya begini, jika harga di pabrik Rp 2.000, di tingkat petani kisaran Rp 1.800 per kg. Dipotong upah panen dan angkut, anggap saja Rp 300 per kg. Jadi petani, bisa mendapat bersihnya Rp 1.500 per kg. Tinggal lagi hasil panennya memuaskan atau tidak," beber Yanto (46), warga SP 7 Kecamatan XIV Koto kemarin.

Sayangnya, belum sempat klimaks sesuai harapan masyarakat, yakni menyentuh angka Rp 2.000 per kg, harga sawit mulai meloyo. Sejumlah pabrik CPO di Kabupaten Mukomuko mulai menurunkan harga beli mereka. Hal ini dibenarkan Kasi Perizinan dan Kemitraan Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sudiyanto.

"Harga sawit turun di dua pabrik CPO yakni PT. Sapta dan PT. GSS pada pekan ini," ungkap Sudiyanto dalam keterangannya kemarin.

Diuraikannya, untuk di pabrik PT. Sapta terjadi penurunan sebesar Rp 20 per kg, sementara di PT. GSS turun hingga mencapai Rp 50 per kg. Kendati demikian, harga sawit di sejumlah pabrik di daerah ini masih terbilang tinggi. Yakni paling tinggi Rp 1.870 dan paling rendah Rp 1.720 per kg.

"Walaupun dua pabrik sudah mulai menurunkan harga belinya, harapan saya ini tidak berlanjut. Justru sebaliknya, harga kembali naik seperti tujuh bulan terakhir," demikian Sudiyanto.

Dirilisnya harga sawit disejumlah pabrik CPO pekan ini sebagai berikut; PT. SAPTA Rp 1.780 per kg, PT. KSM Rp 1.740, PT. MMIL Rp 1.770, PT. SSS Rp 1720, PT. SAP Rp 1.770, PT. KAS Rp 1.720, PT. DDP Rp 1.780, PT. USM Rp 1.870, PT. BMK Rp 1.850, dan PT. GSS Rp 1.790 per kg. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: