Peran ‘Aisyiyah dalam Dinamisasi Gerakan Menebar Islam Amat Besar

Peran ‘Aisyiyah dalam Dinamisasi Gerakan Menebar Islam Amat Besar

RBO  >>>   BENGKULU  >>>   Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) Bengkulu baru saja menyelesaikan kegiatan yang luar biasa. Yaitu Musyawarah Pimpinan Wilayah (Musypimwil) II masa kepemimpinan Hj Zurnawati, Ch beserta jajarannya peridoe 2015-2020. Musypimwil ini, juga mengevaluasi sejauh mana keberhasilan dari seluruh cabang 'Aisyiyah se-Provinsi Bengkulu dalam membantu pemerintah membangun Provinsi Bengkulu yang berkemajuan. Apalagi, 'Aisyiyah sebagai salah satu organisasi wanita yang mempunyai visi dan misi gerakan menebar Islam kemajuan di seluruh Indonesia.

"Dasar dari kami menyelenggarakan Musypimwil ke II ini, merupakan tindaklanjut dari hasil sidang Tanwir 'Aisyiyah ke 2 yang baru saja selesai di Malang tahun 2019 kemarin. Peserta yang hadir dalam Musypimwil II PWA Bengkulu yang di SK kan Pimpinan 'Aisyiyah Pusat terdiri dari, ketua, sekretaris PWA se-wilayah Bengkulu dan badan pembantu pimpinan wilayah. Alhamdulillah, Musypimwil ini berlangsung dengan sukses, berjalan dengan lancar," ujar Ketua PWA Bengkulu, Hj Zunawati, Ch pada RADAR BENGKULU kemarin.

Tujuan digelarnya Musypimwil ini, melakukan evaluasi atas pelaksanaan program usai Musypimwil 1, yang diselenggarakan pada tanggal 13 sampai 14 April 2019 lalu. Apalagi 'Aisyiyah semakin mampu menerapkan Islam nilai-nilai berkemajuan, untuk membangun peradaban dan menjadi Rahmatan lil'alamin. 'Aisyiyah harus mampu memiliki karakter yang ikhitiar, dalam menunjukkan keislaman di kehidupan sehari-hari yang diprioritaskan. Serta sebagai transformasi kearah terciptanya kemajuan, kebaikan, keadilan, kemakmuran dan kemaslahatan hidup manusia.

"Pertama, terpetanya kekuatan kepemimpinan 'Aisyiyah dalam mendinamisasikan gerakan perempuan Islam ditingkat nasional maupun dunia. Kedua, terpetanya kepemimpinan kompetensi dan strategi pengembangan amal, usaha 'Aisyiyah yang bergerak di bidang pendidikan, ekonomi, sosial budaya dan lain-lain. Ketiga, terumusnya strategi percepatan pelaksanaan program hasil Tanwir ke dua dan Musypimwil. Keempat, terumusnya langkah-langkah strategi organisasi untuk penguatan pengembangan dakwah Islam berkemajuan," tuturnya.

Dijelaskannnya, tema Musypimwil yang ke II PWA Bengkulu, 'Dinamisasi Gerakan Menebar Islam Bermajuan'. Menegakkan dan menyebarkanluaskan dakwah yang dilakukan oleh 'Aisyiyah, dengan paham Islam berkemajuan yang menumbuhkan sifat Wasathiyah sesuai dengan idiologi Muhammadiyah. "Serangkaian kegiatan Musypimwil ini, juga ada penyampaian materi khusus dari Hj Eni Khairani selaku anggota DPD RI Dapil Bengkulu tentang, peran 'Aisyiyah dalam gerakan perempuan Islam Wasathiyah dan dinamika global dan materi dari Hj Susi Soraya, SE, selaku Sekretaris PWA Bengkulu, tentang kepemimpinan transformasi dan kelembagaan. Kami mengharapkan peserta yang hadir, dapat mengambil dan menerapkan ilmu yang diperoleh dari kedua pemateri tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Bengkulu, Dr. H. Syaifullah, M.Ag sangat mengapresiasi Musypimwil tersebut. Menurutnya, ini salah satu kegiatan terbesar Muhammdiyah setara dengan Tanwir pada level pusat. Apalagi, organisasi perempuan 'Aisyiyah ini merupakan satu-satunya, organisasi yang sudah memasuki usia dua abad. "Siapa yang tidak tau 'Aisyiyah ? Satu-satunya di dunia organisasi yang memiliki perguruan tinggi, Universitas 'Aisyiyah jumlah mahasiswanya mencapai 10.000 orang lebih. Padahal baru 6 tahun berdiri. Semua petingginya itu perempuan hebat dari 'Aisyiyah," kata Syaifullah dalam sambutannya.

Syaifullah berpesan pada 'Aisyiyah, harus luruskan niat, beribadah, berjuang Muhammadiyah di 'Aisyiyah, luruskan shof, luruskan kiblat dan luruskan untuk selalu bersama-sama. " Pesan tersebut, merupakan pedoman yang kami pegangi dari perkataan KH. Ahmad Dahlan satu abad yang lalu. Maka dari itu, kami selalu berpesan untuk terus berjuang dijalan Allah SWT. Apalagi Muhammadiyah sebagai agen perubahan memberikan pencerahan bagi masyarakat," ungkapnya.

Musypimwil II 'Aisyiyah Bengkulu dihadiri PWM Bengkulu, Syaifullah, Rektor UMB, Pimpinan 'Aisyiyah, Pimpinan Muhammadiyah, sesepuh penasihat Muhammadiyah, SKPD, Kepala BKKBN Provinsi, Dinas Koperasi, GM Radar Bengkulu dan seluruh tamu undangan yang hadir memadati Aula lantai 6 Kampus IV UMB. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: