Ini Empat Nama Cagub Berpeluang Sampai ke DPP Demokrat

Ini Empat Nama Cagub Berpeluang Sampai ke DPP Demokrat

Chairil Guswendy : Bulan Ini Kita Jadwalkan Pemaparan Visi Misi

RBI, BENGKULU – Ketua tim penjaringan yang juga sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Bengkulu Ir Chairil Guswendy mengatakan, saat ini pihaknya sudah mendapatkan empat nama kandidat bakal Cagub yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan satu kandidat Bakal Cawagub. “Adapun yang lolos seleksi administrasi itu ada empat kandidat Cagub. Yang memenuhi syarat pertama Dr H. Rohidin Mersyah, lalu Agusrin M Najamuddin, Dr (Hc) H. A Hijazi serta Ir H. Patrice Rio Capella. Dan untuk Cawagubnya ada kader Partai Demokrat yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bengkulu, Suhartono SH,” ungkap Chairil Guswendy, Senin (3/2).

Dijelaskan oleh Chairil, tahap selanjutnya pada Bulan Februari ini, pihaknya akan menjadwalkan dilaksanakan tahap pemaparan visi misi oleh kandidat setelah uji kompetensi.  “Tanggalnya masih kita persiapkan. Tapi dalam Bulan Februari ini akan kita laksanakan untuk pemaparan visi misi. Kita tidak ada tanya jawab atau membedah visi misi. Kami nanti hanya akan mendengarkan pemaparan visi misi dan program kandidat.’’

Setelah itu, uji kompetensi. Dimana saat uji kompetensi ini akan melihat sejauh mana kompetensi kandidat. ‘’Kalau kita dengar dari pengakuan banyak dukungan dari masyarakat, dan guna melihat popularitas serta elektabilitasnya kandidat itu harus dibuktikan lewat hasil survei. Kemudian juga dalam uji kompetensi ini akan kita tanyakan kesiapan Parpol koalisi. Sebab Demokrat ini hanya lima kursi. Begitu juga dengan seluruh Parpol lainnya di Bengkulu, dimana tidak ada yang dapat mengusung Paslon sendiri. Kita masih kurang empat kursi lagi.’’

Seandainya Demokrat memberikan dukungan lima kursi ini nanti, kira-kira tambahan kursinya darimana? Itu yang akan ditanyakan saat uji kompetensi. Kemudian pasangannya siapa? Ini yang akan digali.

‘’Terakhir, kami juga akan menggali terkait persiapan logistic kandidat. Sebab, tidak bisa dipungkiri untuk mencalon ini dibutuhkan biaya politik. Bukan money politics. Tapi coz politik. Mulai dari pendaftaran pertemuan, APK dan segala macam. Termasuk nanti saat pemilihan itu ada saksi. Kalau mengacu Pileg dan Pilpres kemarin, kita ada 6000 an TPS. Kalau satu TPS satu saksi, artinya ada 6000 saksi yang harus disiapkan. Kalau dua saksi satu TPS itu sudah 12 ribu saksi, ini kan butuh biaya operasionalnya. Jadi kesiapan financial logistik ini diperlukan, dan kita tahu semua berapa indeks untuk honor saksi itu saat ini,” jelasnya.

Setelah pemaparan visi misi dan uji kompetensi, maka dari empat nama bakal Cagub itu akan ditetapkan oleh DPD menjadi dua atau tiga nama guna diserahkan ke DPP.

“Kalau Februari ini selesai prosesnya, maka kita berharap segera disampaikan ke DPP. Kalau ditanya apakah empat nama ini yang berpeluang akan diusung oleh Partai Demokrat? Saya hanya bisa memastikan kalau dari kami nanti, dua atau tiga nama terbaik itu akan kami sampaikan ke DPP. Soal siapa nanti yang bakal ditetapkan dan diusung oleh Partai Demokrat, itu adalah kewenangan DPP,” pungkas Chairil. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: