Akhir Bulan Musda, Rohidin Berpeluang Terpilih Aklamasi

Akhir Bulan Musda, Rohidin Berpeluang Terpilih Aklamasi

RBO, BENGKULU - Menjelang pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Provinsi Bengkulu yang akan diselenggarakan pada 29 Februari 2020 mendatang, nama Gubernur sekaligus menjabat Ketua DPD 1 Partai Golkar Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah, sepertinya tetap memiliki peluang besar untuk kembali pimpin partai berlambang pohon beringin ini.

Bahkan besarnya peluang Rohidin tersebut, disebut-sebut bisa terpilih secara aklamasi dalam Musda nanti, untuk kembali memimpin Partai Golkar Provinsi Bengkulu periode 5 tahun mendatang. Apalagi untuk pelaksanaan Musda Partai Golkar, sudah diamanatkan harus dilakukan di setiap daerah, paling lambat 3 bulan setelah Munas.

Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu, Samsu Amanah ketika dikonfirmasi terkait sinyalemen pengkondisian Rohidin menjadi Ketua DPD 1 Partai Golkar membantahnya. Mengingat dalam pemilihan nanti, setiap pemilik suara diberikan kewenangan penuh guna menentukan siapa yang layak dan pantas memimpin partai ini di Provinsi Bengkulu. Tetapi, jika Rohidin dinilai layak untuk kembali memimpin, sudah sewajarnya diberikan dukungan tertulis, melalui pleno.

“Siapapun kader partai yang memenuhi syarat, saat ini peluangnya tetap sama untuk pimpin Partai Golkar Provinsi Bengkulu periode 5 tahun kedepan. Sedangkan soal Rohidin, saya pastikan akan maju kembali sebagai Ketua DPD 1 Provinsi lagi, karena beliau kader terbaik partai. Tapi mekanisme tetap harus dilewatinya,” kata Samsu kepada sejumlah wartawan.

Dijelaskan, dalam pemilihan Ketua DPD 1 Partai Golkar, setiap calon dianggap sah apabila sudah mendapatkan dukungan tertulis minimal 30 persen dari pemilik suara. Dimana untuk jumlah pemilik suara dalam Musda nanti sebanyak 16 suara yang terdiri dari, masing-masing 1 suara dari DPP, DPD tingkat provinsi, kabupaten dan kota ditambah ormas pendiri serta didirikan Partai Golkar.

“Kita akan tertibkan keputusan hak suara itu, bahwa tidak hanya diwakili oleh Ketua atau Sekretaris saja. Tapi juga harus melampirkan pleno, bahwa menunjuk siapa yang memimpin kembali Partai Golkar untuk lima tahun kedepan,” ujar Wakil Ketua 1 DPRD Provinsi Bengkulu ini, Jumat, (7/2). Lebih lanjut ditambahkan Anggota DPRD Provinsi Bengkulu dari daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur ini, dalam Musda nanti berpeluang besar untuk terpilih secara aklamasi. Karena jika ada calon ketua yang mendapatkan dukungan lebih dari 30 persen, akan langsung terpilih menjadi ketua terpilih.

“Sebut saja apabila ada kader kita yang akan maju menjadi ketua, tapi tidak mendapatkan dukungan mencapai 30 persen dari total suara, akan gugur dengan sendirinya. Hanya saja, karena masih ada empat kepengurusan DPD tingkat II Partai Golkar yang menjabat pelaksana tugas (plt), seperti, Kabupaten Seluma, Lebong, Bengkulu Utara dan Kabupaten Bengkulu Tengah, maka akan dilakukan pemilihan dulu,” tutup Samsu.(idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: