Sembako Lima Kecamatan Segera Dibagikan

Sembako Lima Kecamatan Segera Dibagikan

RBO, KEPAHIANG - Penyaluran sembako untuk warga yang terdampak Covid-19 di Kecamatan, Muara Kemumu, Seberang Musi, Bermani Ilir, Tebat Karai dan Kecamatan Kabawetan disalurkan pekan ini. Dari 12.000 paket sembako yang disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang, yang sudah disalurkan sebanyak 7000 paket untuk 3 Kecamatan yaitu, Kepahiang, Ujan Mas, dan Kecamatan Merigi. Penyerahan paket sembako secara simbolis dilakukan langsung Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU pada Kamis 23 April 2020 lalu.

Sesuai dengan waktu yang sudah tetapkan, penyaluran sembako untuk warga yang terdampak Covid-19 di lima kecamatan tersebut akan dilakukan minggu pertama bulan puasa ini. Proses penyalurannya dilakukan bertahap, karena paket sembako tersebut harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum disalurkan. "Ya, untuk 5 kecamatan yang belum kita salurkan dalam minggu ini sekarang paket sembako sedang dipersiapkan," ungkap Plt Kepala Dinas Sosial Kepahiang, Julian Muda Parsah, ST.

Untuk diketahui, penerima paket sembako yang bersumber dari APBD Kabupaten Kepahiang ini adalah warga yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Namun mereka tidak terdaftar sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH), dan tidak menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial RI. Kemudian untuk proses pendataan penerima sendri dilakukan langsung oleh masing-masing Desa dan Kelurahan. Selanjutnya diserahkan ke Dinsos untuk diverifikasi apakah warga yang diusulkan tersebut menerima PKH dan BPNT atau tidak. "Bantuan ini disalurkan 3 tahap, tahap pertama sebelum puasa hingga minggu pertama bulan puasa. Kemudian tahap kedua penyaluran dilakukan sebelum lebaran, dan tahap ketiga disalurkan pasca lebaran," demikian Julian.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: