Dewan Beri Catatan LKPJ 2019

Dewan Beri Catatan LKPJ 2019

RBO, KEPAHIANG - Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Kepahiang, menyampaikan rekomendasi catatan, masukan dan saran terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Kepahiang tahun 2019, pada Selasa,(28/4). Dalam paripurna tersebut, masing-masing ketua Komisi menyampaikan catatan, saran dan rekomendasi. Yang intinya mereka minta harus ada penguatan perencanaan program dan kegiatan dengan kebutuhan anggaran, sehingga serapan anggaran dapat maksimal. Memperhatikan profesionalitas antara belanja pegawai dan belanja kegiatan yang dibutuhkan masyarakat.

Kemudian penyatuan anggaran untuk kegiatan yang sama dalam satu OPD misalnya, belanja penggandaan bahan peraturan perundangan yang ada pada masing-masing OPD. Kemudian selanjutnya perlu dilakukan kajian beban kerja aparatur sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, mengingat saat ini masih banyak tenaga kontrak atau Tenaga Harian Lepas (THL) yang bekerja pada OPD, karena menurut UU tersebut saat ini harus menerapkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Dan tidak kalah pentingnya penyajian LKPJ harus sesuai dengan peraturan perundangan terbaru agar capaian kinerja tepat sasaran.

Disampaikan Waka I DPRD Kepahiang, Andrian Defandra, M.Si rekomendasi DPRD yang berasal dari pembahasan komisi-komisi ini, tentu sudah melewati suatu kajian, telaah dan pembahasan yang melibatkan OPD yang tujuannya untuk memajukan roda pemerintahan yang lebih baik. "Sesuai dengan mekanisme yang diamanatkan pada Pasal 71 ayat (3) Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan pasal 20 ayat (1) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan Pemerintahan daerah, DPRD Kabupaten Kepahiang telah melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam pembahasan LKPJ ini. Semua rekomendasi sudah kita serahkan ke Bupati Kepahiang agar ditindak lanjuti," Sampainya.

Paripurna dengan tetap menjalankan protokol kesehatan tersebut dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kepahiang, Andrian Defandra, M.Si didampingi Ketua DPRD, Windra Purnawan, SP dan Wakil Ketua II Drs. H. M Thobari Muad, SH serta diikuti oleh segenap anggota DPRD Kepahiang, dan dihadiri Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM, IPU, Sekda Kepahiang, Zamzami Zubir,SE, MM, para asisten,dan perwakilan Kepala OPD lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: