Wagub Ajak Pedagang Gunakan Masker dan Kampanyekan PHBS

Wagub Ajak Pedagang Gunakan Masker dan Kampanyekan PHBS

RBO, BENGKULU - Wakil Gubernur Bengkulu, H. Dedy Ermansyah, SE mengajak seluruh pedagang di Provinsi Bengkulu wajib menggunakan masker saat transaksi jual beli dengan pembeli. Hal ini wajib dilakukan, dalam upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19 di Bumi Rafflesia.

Rabu (29/4) pagi pukul 09.00 WIB, Wagub Dedy membagikan masker gratis ke seluruh pedagang di Pasar Barukoto 2 di Kelurahan Malabero, Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu, dengan tema ‘Gerakan Pedagang Pasar Wajib Pakai Masker’. Dia juga menyampaikan, bahwa ini sangat penting dilakukan, mengingat para pedagang setiap hari berinteraksi dengan banyak orang.

"Ini salah satu cara kita untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selalu ikuti anjuran dari pemerintah. Intinya, jangan anggap remeh agar kita bisa menghentikan penyebaran Covid-19 di Provinsi Bengkulu," ujar Dedy.

Selain membagikan masker, Wagub Dedy juga mengkampanyekan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta upaya-upaya pencegahan, dan memutus mata rantai Covid-19 pada para pedagang dan pembeli di pasar. "Kami mengimbau para pedagang untuk sering mencuci tangan menggunakan sabun. Jaga jarak dan jaga kebersihan lingkungan. Jika merasa ada gejala Covid-19, segera lapor ke petugas kesehatan," imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, Sudoto mengatakan, gerakan pedagang pasar wajib pakai masker ini, memang dimulai dari seluruh pasar yang ada di Kota Bengkulu.

Targetnya, di minggu kedua bulan Ramadan bantuan masker sudah terdistribusikan kepada seluruh pedagang pasar, yang ada di seluruh Provinsi Bengkulu dan para pedagang dapat menyukseskan gerakan bersama ini.

"Hari ini (Kamis-red), kita mulai dari pasar Baru Koto. Infonya ada 500 pedagang di pasar ini, maka akan siapkan seribu masker kain, minimal satu pedagang punya dua masker yang bisa dipakai bergantian setiap hari," tuturnya.

Dijelaskannya, ini dilakukan dalam rangka mendukung gerakan wajib pakai masker, pihaknya telah menyiapkan 100 ribu masker hasil produksi UPTD Pelatihan Kerja Bengkulu, yang siap dibagikan kepada masyarakat. " Kami berharap para pedagang dapat menggunakan masker dengan sebaik mungkin saat transaksi jual beli, memang mengikuti prosedur pencengahan Covid-19. Seperti memakai masker, jaga kesehatan dan jaga jarak," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: