Belum Ada OPD Ajukan Proposal Dana Covid

Belum Ada OPD Ajukan Proposal Dana Covid

RBO, SELUMA - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Seluma, Marah Halim SP, M.AP mengungkapkan hingga saat ini masih belum ada lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah menyampaikan proposal anggaran Covid 19 ke pihaknya.

Pemerintah daerah sendiri, telah menyiapkan anggaran dari APBD senilai Rp 11,6 Milyar untuk penanganan dan penaggulangan virus Covid 19. "Sejauh ini belum ada lintas OPD dan pihak terkait lainnya yang menyampaikan proposal program ke BPKD untuk dilakukan proses pencairan," ujar Kepala BPKD Seluma, Marah Halim SP, M.AP, kemarin.

Prosesnya, lanjut Marah Halim, proposal program diajukan ke gugus tugas dan dilakukan review oleh inspektorat. Baru, hasil review yang diterima disampaikan ke BPKD untuk diproses pencairannya. "Kita belum tahu apa kendalanya, apakah masih menyusun program ataukah masih ada OPD yang khawatir dan takut-takut dalam realisasi penggunaanya nanti," sampainya.

Dijelaskan Halim, anggaran sebesar Rp 11,6 milyar yang disiapkan untuk penanganan dan penanggulangan covid, nantinya dapat digunakan untuk pembelian alat kesehatan, APD, program sosial pemberian sembako dan bantuan usaha dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan OPD atau tim gugus tugas percepatan penanganan Covid 19. Proses pencairannyapun dilakukan sesuai dengan kebutuhan. "Terbesar ada di Dinkes dengan total Rp 3 Miliar, Polres Sekitar Rp 4 ratus juta, Disperindag Rp 336 juta, BPBD Rp 160 jutaan," ujarnya sedikit menyebutkan. Anggaran tersebut harus digunakan secara tepat dan harus dapat dipertanggungjawabkan karena diawasi. (one)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: