Dinsos Usulkan 9.526 KK Penerima Bantuan Tunai Terdampak Covid-19

Dinsos Usulkan 9.526 KK Penerima Bantuan Tunai Terdampak Covid-19

RBO, SELUMA - Dinas Sosial Kabupaten Seluma mengusulkan sebanyak 9.526 Kepala keluarga (KK) penerima bantuan sosial tunai kepada tim satuan gugus tugas penanganganan Covid-19.

Plt Kepala Dinas Sosial Herwan S. Sos melalui Kabid Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial, Herman Susanto S. Sos mengatakan jumlah tersebut diperoleh dari data riil berdasarkan usulan kades dan lurah. "Usulannya mencapai 9.526 KK, namun nantinya yang disetujui tergantung tim gugus tugas. Kriteria penerima bantuan sosial tunai dari APBD itu yakni Lansia diatas 60 tahun, disabilitas, buruh tani, buruh harian, pekerja seni,dan miskin," kata Kabid Herman Susanto S. Sos, Kamis (14/5).

Herman menjelaskan, warga penerima bantuan Covid-19 adalah di luar penerima data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), seperti program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BPNT), data BPJS kesehatan, hingga data Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang jumlah berdasarkan jumlah Data Basis Terpadu (BDT) mencapai lebih kurang 15 ribu orang. "Setiap KK akan menerima bantuan tunai senilai Rp 400 ribu, dan untuk sementara ini hanya satu bulan," kata Herman.

Dalam penyaluran bantuan, dana yang dikucurkan dari BPKD akan ditransfer dalam bentuk giro ke Dinas Sosial dan selanjutnya di tranfer ke Bank Bengkulu sebagai bank yang ditunjuk. Untuk memudahkan proses pencairan, tehnisnya petugas akan langsung datang kesetiap kecamatan untuk menyalurkan tunai kepada penerima.

"Total anggaran penanganan Covid-19 yang ada di Dinsos lebih kurang Rp 2 Milyar, dana tersebut dialokasikan seluruhnya untuk program bantuan tunai penanganan terdampak covid," ujar Herman.

Sementara itu, untuk penyaluran bantuan tunai perdana, langsung dibuka secara simbolis oleh Bupati Seluma H. Bundra jaya SH.MH di depan halaman kantor Bank Bengkulu Cabang Seluma."Nanti kita lihat situasi dan kondisinya,jika masih memungkinkan dana bantuan akan ditambah," jelas Bupati Seluma H. Bundra Jaya SH,MH. Penyaluran bantuan tunai perdana kemarin di peruntukkan bagi sejumlah warga terdampak covid di Kecamatan Seluma. (One)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: