Peringati Hari Sepeda Dunia, Kosma Kampanye Gaya Hidup Sehat Ditengah Covid-19

Peringati Hari Sepeda Dunia, Kosma Kampanye Gaya Hidup Sehat Ditengah Covid-19

RBO, SELUMA - Hari sepeda dunia (world bicycle day) diperingati setiap tanggal 3 Juni dan telah ditetapkan pada sidang majelis umum PBB ke- 72 tahun 2018 di Amerika Serikat. Tujuannya mempromosikan gaya hidup sehat. Sepeda sudah digunakan lebih dari dua abad sebagai alat transportasi yang terjangkau dan ramah lingkungan. Hal yang terpenting adalah membuat tubuh menjadi sehat.

Di tengah pandemi covid- 19, kampanye gaya hidup sehat menjadi sangat relevan sebagai penangkal yang efektif untuk mencegah covid- 19.

Salah satu olahraga yang diminati adalah bersepeda. Oleh karena itu, menjadi dasar terbentuknya suatu komunitas di Kabupaten Seluma yang dinamakan Komunitas Sepeda Seluma atau disingkat Kosma dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, termasuk menggunakan masker.

"Kosma dikenal juga dengan sebutan Kosma 2020 dikarenakan dibentuk pada tahun 2020 tepatnya pada tanggal 16 Mei 2020 di Tanah Lupis, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Awal mula terbentuk komunitas ini hanya tiga orang saja. Dulu bernama Koda Tapis atau Komunitas Sepeda Tanah Lupis. Seiring waktu dengan semakin bertambahnya anggota, ada masukan untuk mengganti nama Koda Tapis menjadi Kosma karena orang - orang diluar Tanah Lupis juga ikut serta dalam komunitas ini. Akhirnya diciptakanlah logo baru dengan gambar pesepeda, burung walet dan spare part sepeda yang memiliki makna pesepeda dari Kabupaten Seluma," kata salah seorang anggota Kosma Seluma, Lucky, Rabu (3/6).

Ditambahkannya, saat ini Kosma memiliki 20 orang lebih anggota. Disamping itu Kosma juga telah bergabung dalam Komunitas Sepeda Gunung Indonesia (KSGI). "Kosma akan terus berbenah untuk menjadi lebih baik lagi," singkat Lucky. (One)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: