New Normal, 13 Juli Pelajar Madrasah Masuk Kembali

New Normal, 13 Juli Pelajar Madrasah Masuk Kembali

Bustasar: MAN dan MTsN  Siap Terapkan Protokol Covid-19

RBO  >>> BENGKULU >>>  Jika tidak ada kendala dan Bengkulu mulai memberlakukan new normal ditengah wabah pandemic Covid-19 nanti, maka untuk madrasah di bawah naungan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu dijadwalkan mulai kembali masuk sekolah.

“Kalau jadwalnya tanggal 13 Juli itu anak-anak madrasah sudah mulai masuk sekolah. Namun saat ini, kita masih mempelajari kondisi kita di Bengkulu. Kalau di Bengkulu sudah masuk era new normal, maka kita akan mulai berangsur masuk sekolah. Mungkin nanti diatur anak-anak sebagian masuk sekolahnya pagi. Sebagian lagi masuk siang. Dibagi-bagi dan sekarang sedang disusun. Mungkin nanti jumlah anak peserta didik dalam satu ruangan itu dibatasi. Kalau selama ini satu ruangan belajar jumlah anaknya 30 orang, mungkin nanti cukup satu ruangan 20 orang anak dan duduknya diatur agak berjarak,” ungkap Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs H. Bustasar MS, M.Pd saat dihubungi radarbengkuluonline.com Selasa  siang (16/6).

Dijelaskan Bustasar, selain diatur jam masuk anak, juga akan diatur jam kerja bagi para guru sesuai jadwal masuk anak-anak. “Kalau dari hasil kunjungan sidak ke MAN 1 Model, MAN 2 serta MTsN 1 dan MTsN 2 beberapa waktu lalu, temuan saya di lapangan, Kita lihat madrasah itu sudah siap menerapkan new normal. Seperti MAN I Model mereka kita lihat telah menyiapkan tempat mencuci tangan serta protokol kesehatan Covid-19 sesuai SOP. Tapi untuk kepastian apakah tanggal 13 Juli ini kita madrasah sudah mulai masuk atau belum, kita lihat dulu perkembangan situasi dan kondisinya. Jika semakin berkembang dan parah penularan Covid-19 di daerah kita, mungkin kita tunda dulu. Tapi kalau memang aman, kita akan mulai masuk sekolah kembali,''” pungkas Bustasar.

Sebelumnya dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si, jika melihat perkembangan kasus Covid-19 di Bengkulu saat ini, trendnya cukup baik dan Bengkulu tingkat penularannya dapat terkendali.

“Kalau kita lihat jumlah peningkatan kasus positif Covid-19 tidak begitu signifikan. Bahkan trendnya cukup baik, selain semakin banyak yang sembuh. Pernah beberapa hari kita tidak ada penambahan kasus. Untuk itu, Bengkulu siap jika nanti akan memberlakukan new normal,” kata Herwan Antoni.

Sunadi, salah seorang orang tua murid asal Penarik, Mukomuko yang telah mendaftarkan anaknya untuk sekolah di MAN I Model Bengkulu mengatakan, tanggal 5 Juli anaknya akan mengikuti tes seleksi masuk MAN I Model,. “Tanggal 5 Juli ini anak saya mulai ikut seleksi masuk MAN I Model. Dan harapan kami, jika memang Virus Corona di Bengkulu ini dapat terkendali, tidak ada salahnya jika anak-anak mulai masuk dan belajar di sekolah. Namun jika masih mengkhawatirkan virus Corona di Bengkulu, mungkin setelah daftar dan lulus seleksi nanti, anak kami sementara tetap belajar dari Desa Penarik, Kabupaten Mukomuko saja dulu,” kata Sunadi. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: