Gubernur: Zona Aman, Semua Kembali Dibuka

Gubernur: Zona Aman, Semua Kembali Dibuka

Beradaptasi New Normal,  Ikuti Protokol Kesehatan

RBO >>>  BENGKULU >>>   Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah dalam rapat koordinasi bersama membahas new normal atau adaptasi kebiasaan baru kemarin Rabu (17/6) mengatakan, Provinsi Bengkulu akan menghadapi New Normal dalam kondisi dampak covid -19. Tentunya daerah ini akan terbiasa menghadapi wabah tersebut, namun tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada.

Gubernur mengatakan, daerah ini sudah termasuk zonasi aman dari penyebaran covid pandemi tersebut. Sebelumnya Kota Bengkulu yang pertama kali ditetapkan zonasi merah saat ini berubah menjadi zonasi orangye. Sedangkan kabupaten lainnya berwarna kuning. Hanya satu kabupaten berwarna hijau. Yakni Kabupaten Lebong yang masih aman dalam penyebaran covid tersebut.

"Pertama adanya pemetaan zonasi saat ini dalam kondisi sedang atau oranye, dimana Kota Bengkulu sudah turun karena sempat zonasi merah. Yang lainnya zonasi berwarna kuning atau sudah ringan. Sedangkan zonasi berwarna hijau ini berada di Kabupaten Lebong. Posisinya ini berdasarkan evaluasi dari indikator yang ada," ujarnya.

Selain itu, adanya promosi yang terus berjalan, agar masyarakat lebih memahami bahayanya penyebaran tersebut dengan tetap rajin mencuci tangan, menerapkan physical distancing dan memakai masker. Terutama untuk pengadaan masker sebesar Rp 600 juta ini harus adanya pencapaian target yang dapat diberikan ke masyarakat nantinya.

"Tahapan kedua merupakan promosi ini, diharapkan tetap berjalan. Kami meminta terhadap rekan -rekan media jangan sampai masyarakat ini abai mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Selain itu, memperhatikan stok jumlah alat pelindung diri. Kemudian adanya langkah kesiapan rumah sakit dalam hal adanya persiapan isolasi mandiri. Untuk anggaran covid yang tersisa pun akan direalisasikan dan dimanfaatkan sembari menunggu konsep dari Pemerintah Pusat. Setelah itu, dikeluarkan Surat Keputusan maupun bersifat Edaran dari Gubernur terhadap kondisi yang akan kembali normal.

"Kita memastikan sarana prasarana ini tersedia agar mampu menangani apabila adanya jumlah tambahan kasus  terjadi. Kemudian adanya penerapan kebijakan komunikasi publik yang menyeluruh,  baru kita memasuki new normal. Nanti akan ada beberapa surat keputusan hingga surat edaran gubernur yang menjadi landasan ketika melakukan operasi di lapangan agar masyarakat mematuhi aturan sehingga aman dari covid. Nanti bertahap. Sektor mana yang akan kembali dibuka. Karena, kita menunggu petunjuk dari pusat. Seperti sektor pendidikan, agar betul betul adanya kesiapan yang serius," tutup Gubernur.

Sementara itu Wakapolda Bengkulu, Brigjen. Pol. Drs. Sahimin Zainudin mendukung penuh upaya Pemda Provinsi Bengkulu dalam memastikan pencegahan terhadap kondisi saat ini. Polda Bengkulu akan membantu dengan menurunkan personel untuk memberikan upaya promosi terhadap masyarakat agar lebih memahami pentingnya protokol kesehatan.

"Kita meminta, dengan adanya new normal, maka daerah ini betul betul aman dari wabah tersebut. Tentunya kita terus membantu untuk memberikan pemahaman di lingkungan masyarakat Bengkulu," imbuhnya. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: