3 Nama Mencuat, Pendamping Dr. Alexon Majukan FKIP ke Kelas Dunia

3 Nama Mencuat, Pendamping Dr. Alexon Majukan FKIP ke Kelas Dunia

RBO >>> BENGKULU >>>  Usai terpilihnya Dr. Alexon, M.Pd sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu (Unib) periode 2020-2024 mengalahkan calon kandidat lain, seperti Prof. Johanes Sapri, M.Pd, Dr. Ria Ariesta, Dr. I Wayan Dharmayana, M.Psi dan Dr. Suhirman, M.Pd, kini terus dilakukan proses pelantikan Dekan yang diperkirakan tanggal 24 dan 25 Juni 2020 nanti. Sebab, masa jabatan dekan lama habis tanggal 24 Juni 2020. "Ya, In sya Allah pelantikan dekan di tanggal 24 atau 25 Juni 2020. Tentunya rektor juga tidak ingin terjadi kekosongan pemimpin di FKIP. Kalau misalkan pelantikan lewat dari tanggal tersebut, maka akan ada Plt dekan, sampai ada pelatinkan dekan yang definitif," ujar Sekretaris Panitia Pildek FIKP Unib, Drs. Syafrizal, M.A pada RADAR BENGKULU kemarin.

Sementara itu, informasi dari berbagai sumber yang didapat RADAR BENGKULU di lapangan, terkait Wakil Dekan (Wadek) yang akan membantu Dr. Alexon nantinya, mencuat tiga nama. Yaitu Dr. M. Lutfi, PhD, Dr. Ria Ariesta, M.Pd dan Dr. Dian Pujianto, M.Or. Walaupun, dari ketiga nama di atas baru Dr. Ria Ariesta yang memenuhi syarat menjadi Wadek.

"Jadi begini, syarat menjadi Wadek itu minimal bergelar Doktor (S3). Minimal jabatan fungsionalnya Lektor (asisten profesor) golongan 3C/3D, dan sudah punya pengalaman manejerial serendah-rendahnya Ketua Jurusan selama dua tahun. Kalau syarat tersebut kurang, maka boleh di Plt kan sampai memenuhi syarat tersebut," jelasnya.

Jika prediksi tersebut benar, yang akan menjadi Wadek FKIP, Dr. M. Lutfi, PhD dan Dr. Dian Pujianto, M.Or, maka posisinya akan menjadi Plt Wadek untuk sementara waktu, sampai persyaratan tersebut terpenuhi. Plt yang dimaksud, tunjangan mereka tidak dibayar oleh Negara (Pusat), tapi dibayar melalui anggaran dari FKIP, melalui Pendapat Negara Bukan Pajak (PMBP). Diprediksikan posisi yang menjabat sebagai Wadek I, II dan III. Wadek 1 Dr. M. Lutfi, PhD lulusan dari Jepang, Wadek II Dr. Ariesta, M.Pd, lulusan UMJ, Wadek III Dr. Dian Pujianto lulusan UMJ.

Disisi lain, Dekan FKIP periode 2020-2024, Dr. Alexon, M.Pd saat dihubungi RADAR BENGKULU, masih belum membuka secara pasti, siapa yang akan membantunya menjadi Wadek FKIP. Namun, dia lebih menginginkan Wadek yang masih muda dan memiliki semangat daya juang yang tinggi memajukan FKIP. Khususnya di Wadek I dan III. Sesuai visi misinya unggul di riset dan publikasi.

"Untuk kriteria Wadek I, dosen muda di FKIP punya jaringan kuat dalam riset dan publikasi, baik di tingkat Nasional ataupun Internasional. Sedangkan untuk Wadek II, yang dibidang keuangan tentunya punya dasar-dasar yang cukup untuk mengelola keuangan. Artinya, dosen senior FKIP lebih diutamakan berkaitan dengan keuangan. Wadek III bidang kemahasiswaan dan kerjasama, nantinya akan kami cari dosen muda yang mampu mengerti dan memahami dunia kemahasiswaan. Dia juga harus membaur dengan mahasiswa. Paling tidak, Wadek yang didominasi oleh dosen muda untuk kaderisasi kedepan," kata Dr Alexon pada RADAR BENGKULU kemarin.

Sedangkan saat ditanya, apakah masih mempertahankan Wadek lama di periode sebelumnya, dia mengaakan, Wadek yang lama rata-rata sudah dua periode. Jadi, tidak bisa menjadi Wadek. "Karena Wadek yang lama itu sudah dua periode semua, jadi harus diganti. Yang jelas, kami akan mengkombinasikan calon Wadek yang memenuhi syarat, dan tidak lama lagi akan memenuhi syarat. Walaupun, posisinya masih Plt, belum definitif nantinya," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: