Ibadah Umroh Masih Ada Harapan untuk Berangkat

Ibadah  Umroh Masih Ada Harapan untuk Berangkat

RBO >>> BENGKULU >>>  Kalau sebelumnya pihak Kementerian Agama (Kemenag) RI sudah mengumumkan penundaan batal berangkat menunaikan ibadah haji untuk seluruh Calon Jemaah Haji (CJH) Indonesia tahun 2020 ini, namun untuk pelaksanaan ibadah umroh masih ada harapan berangkat.

“Jadi, kalau untuk pemberangkatan ibadah haji, itu sudah jelas dari surat Menteri Agama nomor 494 mengumumkan tentang pembatalan pemberangkatan ibadah haji. Tahun ini gak ada berangkat CJH kita. Tapi kalau untuk umroh masih ada kemungkinan untuk berangkat dalam tahun ini,” ungkap Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs H. Bustasar MS, M.Pd kepada radarbengkuluonline.com Kamis (18/6) tadi.

Dijelaskan oleh Bustasar, kalau ibadah umroh itu beda dengan ibadah haji. Umroh waktunya tidak terbatas. Bisa dilakukan kapan saja. “Kalau pemerintah Arab Saudi di Mekah dan Madinah sudah buka kembali, bisa jadi umroh nanti bisa dilaksanakan. Tapi kalau masih lock down di Arab, bagaimana kita bisa umroh disana,” jelasnya.

Untuk ibadah haji, lanjutnya, itu sebenarnya tanggal 26 Juni ini sudah akan berangkat rombongan kloter pertama. “Tapi karena dibatalkan pemberangkatannya tahun ini, jadi tidak ada pemberangkatan haji. Mudah-mudahan tahun depan situasi dan kondisi kita sudah kembali normal. Sehingga pelaksanaan ibadah haji tetap bisa dilakukan lagi seperti tahun-tahun sebelumnya,” pungkas Bustasar. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: