Tracking Pasien 05, Satu Orang Reaktif Rapid Tes

Tracking Pasien 05, Satu Orang Reaktif Rapid Tes

RBO, KEPAHIANG - Rentetan kasus pasien 05 cluster pasar berpotensi berbuntut panjang. Sebab, berdasarkan hasil tracking atau pelacakan gugus tugas terdapat 34 orang yang pernah kontak erat dengan pasien 05 tersebut. Satu orang diantaranya hasil rapid tes menunjukkan reaktif. Dia yang reaktif adalah salah satu perawat di klinik yang ada di Kabupaten Kepahiang. Sebab perawat ini sebelumnya pernah merawat pasien 05.

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kepahiang, H. Tajri Fauzan, M.Si, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Wisni Irawan, S.Km, MM, saat ini 34 orang hasil pelacakan pihaknya tersebut sudah dalam pemantauan dan pengawasan pihaknya. "Semua orang hasil tracking ini sekarang dalam pengawasan kami. Satu orang perawat yang sudah melakukan rapid tes secara mandiri tersebut, laporan yang kami terima hasilnya reaktif. Dan saat ini yang bersangkutan isolasi mandiri di rumahnya," jelas Wisnu.

Sebanyak 34 orang hasil tracking ini, lanjut Wisnu, memang belum ada pemeriksaan secara intensif dari pihaknya. Sesuai dengan jadwal masing-masing mereka akan diambil sampel swabnya pada Senin 29 Juni mendatang. "Memang belum ada pemeriksaan baik itu rapid pun pengambilan sampel swab dari kami. Kemungkinan mereka akan langsung kami swab nantinya," terang Wisnu.

Ditambahkan Wisnu, berdasarkan hasil tracking yang dilakukan, ada sekitar 4 orang perawat pada klinik tersebut sempat kontak dengan pasien 05 tersebut. "Selain dari perawat disalah satu klinik itu, juga ada keluarga dekat dan kerabat dekat pasien 05. Yang jelas semua orang hasil tracking ini sudah isolasi mandiri di rumah masing-masing," demikian Wisnu.

Untuk Diketahui, berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab oleh pihak RSMY dan Dinkes Provinsi Bengkulu, satu orang warga Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang divonis positif terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dengan status pasien nomor 05 asal Kabupaten Kepahiang. Diketahui pasien 05 tersebut merupakan seorang pengepul sayur dari Kepahiang ke Bengkulu. Hingga saat ini yang bersangkutan sedang menjalani masa perawatan di RSMY Bengkulu, sebelumnya yang bersangkutan memang sedang dirawat di RSMY Bengkulu karena penyakit radang paru-paru.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: