Fitri: Bantu Petani, Lanjutkanlah Replanting Sawit

Fitri: Bantu Petani, Lanjutkanlah Replanting Sawit

RBO, BENGKULU - Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Fitri SE mengatakan, program replanting kelapa sawit yang dilakukan Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (TPHP) sangat membantu para petani. "Terutama dari segi permudaan tanaman kelapa sawit. Jadi secara tidak langsung program itu meringankan petani," ungkap Fitri kepada radarbengkuluonline.com, kemarin (26/6).

Maka dari itu, lanjut Fitri, pihaknya juga berharap program replanting dapat terus berlanjut. Apalagi sepeti sekarang, rata-rata umur tanaman kelapa sawit petani sudah mencapai 20 tahun. "Yang tentunya tanaman tersebut, kurang produktif. Sementara saat ini kelapa sawit merupakan salah satu andalan masyarakat menjadi sumber pendapatan," ujar Fitri.

Sementara itu, Sekretaris GAPKI Bengkulu, Daniel menyampaikan, diandalkannya kelapa sawit sebagai sumber pendapatan terlihat jelas di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). "Walaupun ditengah pandemi ini permintaan dan perdagangan global lesu, tetapi potensi dan manfaat kelapa sawit tetap menjadi imun bagi masyarakat. Terutama dari sektor perekonomian," katanya.

Lebih jauh dikatakannya, pada saat lockdown akibat pandemi Covid-19, kegiatan perkebunan tetap beroperasi. Selama matahari masih bersinar, tanaman kelapa sawit tidak berhenti berproduksi dan terus menghasilkan minyak sawit. "Jadi tidak mengherankan jika industri perkebunan kelapa sawit hingga saat ini tidak mencatatkan adanya PHK (Pemutusan Hubungan Kerja)," tutupnya. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: