Buntut Kisruh BLT, Bumdes Talang Panjang Diduga Dibakar OTD

Buntut Kisruh BLT, Bumdes Talang Panjang Diduga Dibakar OTD

RBO, SELUMA - Sejumlah peralatan organ tunggal milik Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Desa Talang Panjang, Kecamatan Ilir Talo, Senin (29/6) dini hari terbakar. Belum tahu pasti penyebab kebakaran, namun sejumlah pihak menduga hal itu sengaja dibakar orang tak di kenal (OTD), buntut kisruh pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

"Dampak dari kebakaran gedung tersebut mengakibatkan beberapa peralatan organ tunggal dan peralatan lainnya yang ada didalamnya ikut terbakar," ujar Kapolsek Talo, Iptu. Sodri, S.Sos, Senin (29/6).

Bangunan permanen gedung Bumdes tersebut terdiri dari dua lantai berukuran 8 x 11 M dan gedung tersebut diperuntukan penyimpanan barang usaha bersama, berupa peralatan organ dan pelaminan. "Asal api belum diketahui, karena api tiba tiba sudah membakar dalam gedung dan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polsek dan Polres Seluma," kata Kapolsek.

Dari informasi di lapangan, kronologis bermula pada Senin (29/6) sekitar pukul 02.30 WIB. Salah seorang saksi bernama Hendra Hendak ke warung milik Sudar. Akan tetapi warung tersebut tutup. Dan saat itulah Hendra melihat adanya asap hitam dari gedung Bumdes. Kemudian Hendra langsung berlari ke tempat rombongan warga yang sedang bermain Song dan memberi tahu bahwa gedung Bumdes kebakaran. Wargapun langsung melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 03.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. "Barang - barang milik Bumdes yang ikut terbakar sebagai berikut 6 (Enam ) Unit Power, 1 (Satu) Unit Mic, 2 ( dua) Box Speaker, 1 ( satu ) Box Kabel," kata Kapolsek.

Pasca kejadian, petugas kepolisian telah melakukan olah TKP, memeriksa sejumlah saksi dan mengamankan barang bukti. (0ne)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: