Desa Darat Sawah Ulu Gelar Pelatihan Anggota BPD

Desa Darat Sawah Ulu Gelar Pelatihan Anggota BPD

Ruspan Efendi: Jangan Ada Konflik Antara BPD dan Pemdes

RBO, MANNA - Untuk meningkatakan kapasitas dan pengetahuan anggota BPD, maka perlu dilaksanakan bimbingan teknis yang maksimal kepada para anggota Badan Permusyawaratan Desa. Untuk itu Desa Darat Sawah Ulu melakukan pelatihan anggota Badan Permusyawaratan Desa(BPD) di Kantor Desa.

Pjs Desa Darat Sawah Ulu, Harlimin mengungkapkan pelatihan ini sangatlah penting bagi anggota BPD karena nantinya mereka akan paham dan mengerti akan tugas dan fungsinya. "Tugas BPD bukan hanya menampung aspirasi dari masyarakat saja, tapi mereka juga harus mengerti mana saja yang menjadi proiritas mana yang tidak, Dengan cara melakukan musyawarah dan hasilnya disampaikan kepada Pemerintah Desa," kata Harlimin di Kantor Desa, Rabu(01/07).

Sehingga nantinya dengan ususlan tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BPD juga mempunyai tugas mengawasi dan mengontrol apa yang dilakukan oleh Pemerintah Desa. Tetapi bukan untuk mencari celah kesalahan Kepala Desanya karena itu akan membuat terjadinya miskomunikasi antar BPD dan Pemerintah Desa.

Nara sumber dari DPMD, Ruspan Efendi, SE menjelaskan kegiatan ini untuk menyatukan visi dan misi angota BPD dan Pemerintah Desa agar terjalin kerjasama yang baik. "Apa yang menjadi kekurangan BPD bisa langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Desa begitu juga sebaliknya. Untuk BPD jangan pernah mencari apa yang menjadi kekuarangan dari Pemerintah Desa karena itu akan menimbulkan kericuhan antar mereka sendiri," ucap Ruspan.

Ketua BPD, Edwar mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai perwakilan masyarakat Desa Darat Sawah Ulu. "Mungkin selama ini masih ada hal - hal yang belum kami mengerti. Saat ini setelah mendapatkan penjelasan dari DPMD kami bisa menentukan sikap apa yang harus dilakukan," jelas Edwar

Setelah adanya pemaparan yang disampaikan anggota akan menampung aspirasi masyarakat dan menyampaikan kepada Pemdes untuk merealisasikan keinginan masyarakat sesuai dengan anggaran Dana Desa. "Sebagai BPD kami akan terus berjuang demi kepentingan masyarakat, itulah janji kami karena kami pilih masyarakat," singkat Edwar.(afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: