Satu Lagi Warga Kepahiang Positif Corona

Satu Lagi Warga Kepahiang Positif Corona

RBO, KEPAHIANG - Kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Kepahiang, kembali bertambah. Setelah hasil pemeriksaan sampel swab memvonis tiga orang warga Kecamatan Kabawetan, positif terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Sekarang, Kabupaten Kepahiang kembali diterpa kabar serupa. Berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab Rumah Sakit (RS) Husein Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), seorang perempuan berusia 55 tahun dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Juru Bicara (Jubir) gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kepahiang, H. Tajri Fauzan, M.Si saat dikonfirmasi, membenarkan ada penambahan satu kasus positif di Kabupaten Kepahiang. Menurutnya, pasien positif itu sekarang dirawat di RS Husein Palembang. Sebab, sebelum yang bersangkutan dinyatakan positif terpapar Covid-19, yang bersangkutan memang dirawat di RS Husein Palembang, karena mengidap penyakit hipertensi (darah tinggi), dan liokimian. "Pemeriksaan sampel swab pertama di RS Husein tersebut hasilnya negatif. Kemudian hasil pemeriksaan sampel swab kedua menunjukkan hasil positif," terang Tajri.

Sebelumnya, dijelaskan Tajri pada tanggal 26 Juni 2020 kemarin, yang bersangkutan berobat di RSUD Kepahiang. Berdasarkan hasil pemeriksaan oleh dokter setempat yang bersangkutan harus dirawat. Lalu tanggal 1 Juli yang bersangkutan pulang ke rumahnya. Selanjutnya, tanggal 2 Juli yang bersangkutan kembali ke RSUD Kepahiang dan dirawat. Kemudian pada tanggal 3 Juli pagi, berdasarkan hasil pemeriksaan pihak RSUD Kepahiang yang bersangkutan harus dirujuk ke Palembang.

Sambungnya, setiba di RS Husein Palembang, ZW langsung diswab. Hasil pemeriksaan sampel swab pertama hasilnya negatif. Kemudian hasil pemeriksaan sampel swab kedua menunjukkan hasil positif. Jadi, lanjut Tajri untuk klusternya belum bisa dipastikan dari mana. Karena yang bersangkutan ini tidak ada riwayat perjalan ke luar kota. "Jadi ada dua kemungkinan penularannya. Pertama, tertular dari lingkungan RS Husein Palembang. Dan kedua dari anak ZW yang tinggal di Kota Bengkulu, yang pernah besuk pasien positif (ZW red)," jelas Tajri.

Untuk memastikan kluster dari mana, sambung Tajri, pihaknya langsung melakukan tracking atau pelacakan, siapa saja yang pernah kontak langsung dengan pasien 09 tersebut. Hasil tracking sementara ini, sudah ada sekitar 30 an orang. Yang pernah kontak langsung dengan pasien 09, nanti langsung diambil sampel swabnya. "Tracking langsung kita lakukan hari ini (kemarin red). Dan proses tracking masih berlangsung," tambah Tajri.

Untuk diketahui, saat ini di wilayah Kabupaten Kepahiang sudah tercatat sebanyak 9 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Empat Diantaranya, pasien 01, 02, 03, dan pasien 04 dinyatakan sembuh. Kemudian satu orang pasien 05 meninggal dunia. Dan pasien 06, 07, 08 dan kasus baru pasien 09, masih menjalani masa perawatan.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: