Lagi, 3 Tambahan Positif, Total 158, Sembuh 101

Lagi, 3 Tambahan Positif, Total 158, Sembuh 101

1 Pedagang Pasar Minggu

RBO, BENGKULU - Lagi, lagi dan lagi, kasus positif Covid-19 di Provinsi Bengkulu terus bertambah. Hal ini diungkapkan langsung oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jaduliwan, SE, M.M terkait perkembangan kasus Covid-19 pertanggal 10 Juli 2020, terdapat 3 kasus positif, 1 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 2 pasien dinyatakan sembuh.

"Untuk 3 tambahan kasus yang dilaporkan hari Jumat, pertama, kasus 156. Laki-laki, umur 45 tahun. Alamat Kota Bengkulu. Tidak ada keluhan. Rapid tes reaktif. Saat ini melakukan isolasi mandiri. Kedua, kasus 157. Laki-laki, umur 66 tahun. Alamat Kota Bengkulu. Keluhan sesak nafas, filek, lesu, mual, muntah dan demam. Rapid test reaktif, saat ini, melakukan isolasi mandiri. Ketiga, kasus 158. Perempuan, umur 50 tahun. Alamat Kab. Kepahiang Keluhan. Sesak nafas, penyakit penyerta, leukomia dan hipertensi. Saat ini dirawat di RS M Hoesein Palembang," ujar Jaduliwan pada konfrensi persnya kemarin.

Sedangkan untuk 1 penambahan PDP, Ny. TL. Umur 64 tahun. Alamat, Seluma. Keluhan lemas. mual, muntah, mencret dan demam, batuk kering, sesak, nafsu makan kurang. Dirawat di salah satu rumah sakit di Kota Bengkulu. "Selain itu, Alhamdulillah, ada pasien dinyatakan sembuh sebanyak 2 orang. Kasus 121 dan 131 merupakan cluster Pasar Panorama. Jadi, total kasus positif Covid-19 yang dilaporkan sembuh, sampai dengan hari ini sebanyak 101 orang," terangnya.

Jika dilihat dari perkembangan kasus Orang Dalam Pemantaun (ODP) hingga saat ini sebanyak 985, ODP selesai pemantauan 902, ODP masih dalam pemantauan 83, tambahan ODP hari ini 4 orang, 1 dari Kota Bengkulu, 1 Kepahiang, 2 Mukomuko.

Selain itu, dari kasus PDP sebanyak 114, PDP yang dinyatakan sehat 32, PDP menjadi konfirmasi 18, PDP meninggal 29, PDP proses pengawasan/dirawat 35 orang. "Dari jumlah sampel yang diperiksa di laboratorium sebanyak 2.392, sampel positif 158, sampel yang proses pemeriksaan 67, sampel yang keluar hari ini 24 sampel, dengan rincian 3 positif 21 negatif. Sedangkan dari jumlah rapid test yang sudah dilakukan se-Provinsi Bengkulu sebanyak, 16.977, rapid test yang unreaktif 16.659, rapid test yang reaktif 318, rapid test reaktif yang dilaporkan hari ini 2 orang," ungkapnya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Kepala Dinkes Provinsi, Herwan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si terkait 3 tambahan kasus positif, untuk kasus 156 tidak ada riwayat gejala klinis, pasien ini merupakan hasil pemeriksaan rapid test dari Dinkes Kota, terhadap petugas KPPS yang ada di Kota Bengkulu, dari pemeriksaan dinyatakan reaktif. Setelah dilakukan pengambilan swab di rumah sakit Kota Bengkulu, setelah keluar hasil swabnya ternyata positif.

"Untuk kasus 157, aktivitas sehari-hari kasus 157 ini pedagang di Pasar Minggu, mudah-mudahan tidak ada cluster baru, yaitu cluster Pasar Minggu. Kasus 158, saat ini, dirawat di RS M Hoesein Palembang, sesuai prosedur dari pihak rumah sakit M. Hoesein Palembang, harus dilakukan pengambilan swab pada pasien masuk rumah sakit tersebut, hasil swabnya positif. Jadi pemeriksaan swab di Palembang. Oleh karena itu, Dinkes Kepahiang untuk segera melakukan kontak tracing terhadap kasus ini, terutama pada keluarga dekat, orang-orang yang pernah kontak dengan kasus 158 tersebut," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: