Universitas Terbuka Bengkulu Gelar UPI Secara Daring Besok

Universitas Terbuka Bengkulu Gelar UPI Secara Daring Besok

RBO >>>  BENGKULU >>>  Universitas Terbuka Bengkulu hari ini (15/9) menyelenggarakan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) secara Daring atau online. Sejauh ini, UT masih yang terbaik dan lembaga perguruan tinggi yang paling siap melaksanakan perkuliahan jarak jauh atau lewat online. Termasuk di Bengkulu.

Direktur UT Bengkulu, Dr. Yumiati, M.Si mengatakan, UPI dilaksankan melalui aplikasi zoom yang diikuti oleh 162 peserta. Sebenarnya, tahun ini yang lulus dari UT Bengkulu jumlahnya ada 592 orang. Ketika kondisi pandemi covid diawal tahun, maka tidak dilaksanakan wisuda atau UPI dan sudah ada 330 mahasiswa yang mengambil ijazah. Lalu dalam seiring perjalanan waktu, banyak tuntutan dari mahasiswa untuk malaksanakan wisuda atau UPI. Akhirnya pihak kampus memutuskan untuk melaksanakan wisuda dan UPI dengan protokol kesehatan yang ketat. Pada wisuda kemarin, UT Bengkulu kebagian kuota hanya 23 orang, namun yang melaksanakan wisuda dipusat itu 16 orang.

"Kita hanya mengundang 5 wisudawan terbaik dari masing - masing Fakultas. Fakultas FKIB, Fakultas FISIP, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sains dan Teknologi dan Pascasarjana yang IPK tinggi, namun tinggal di Kota Bengkulu. Ada yang IPKnya lebih tinggi, tapi berada di luar kota. Mempertimbangkan jarak dan anjuran protokol kesehatan untuk tidak berpergian, maka kami ambil yang dekat dengan kota saja. Dan selebihnya itu mengikuti UPI secara Daring dari rumah,'' ujarnya kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

UT, lanjutnya, sangat terbiasa melaksanakan secara Daring (Online). Prosesi UT bisa juga disaksikan melalui chanel youtube UT. ''Meskipun UPI daring, hal ini tidak mengurangi rasa khidmat para peserta. Semisal saja masing masing peserta UPI ini akan mengenakan baju toga selama prosesi UPI," ujarnya.

Disisi lain, DR Yumiati mengatakan, bahwa diera sekarang dan ditengah kondisi pandemi, UT adalah perguruan tinggi yang paling siap menyelenggarakan proses belajar dari jarak jauh.

"UT yang paling siap. Ini bukti, mahasiswa baru UT sekarang begitu membludak peminatnya dari tahun ke tahun. Apalagi dalam situasi sekarang ini yang membatasi pertemuan tatap muka. UT adalah pilihan yang tepat sekali," tegasnya. (ae2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: