Warga Miskin Lima Kabupaten Dapat Program 1000 Pemasangan Listrik Gratis

Warga Miskin Lima Kabupaten Dapat Program 1000 Pemasangan Listrik Gratis

RBO, BENGKULU - Pemda Provinsi Bengkulu mendorong program 1.000 pemasangan sambungan listrik bagi warga miskin. Hal ini disampaikan oleh Kepala ESDM Pemda Provinsi Bengkulu, Ahyan Endu. Ia menjelaskan, pilot project ini diberikan untuk warga yang tidak mampu memasang sambungan listrik di daerah pedesaan. Ada 5 Kabupaten yang akan disambung listrik bagi masyarakat kurang mampu.

"Program listrik gratis bagian infrastruktur dasar, selain itu program Pak Gubernur juga sebagai kinerja di ESDM. Sebelumnya, di tahun ini sudah kita anggarkan seribu pemasangan sambungan listrik warga yang tidak mampu, sudah di alokasi di 5 Kabupaten," ujar Ahyan kemarin Selasa (15/9).

Lanjut Ahyan, diantara rencana pemasangan sambungan listrik gratis ini tersebar di Kabupaten Kaur 73 sambungan listrik, Kabupaten Kepahiang 299 Sambungan listrik, Kabupaten Bengkulu Selatan 274 sambungan, Lebong 127 sambungan dan Kabupaten Seluma 227 sambungan listrik. Kemudian dampak adanya covid-19 ini, beberapa daerah belum terealisasi pemasangan sambungan listrik gratis tersebut.

"Karena adanya covid, kita tidak dapat memenuhi semua pemasangan di setiap Kabupaten tersebut. Kita berinovasi agar program ini dapat berjalan oleh karena itu berkoordinasi dengan pihak Pemda Kabupaten. Kita mengusulkan agar dapat menggunakan dana CSR, selain itu bisa digunakan melalui dana APBN dan juga dari APBD Kabupaten. Memang yang Seluma sudah berlangsung dari dana CSR ini pemasangan yang pertama kali," tambahnya.

Dalam program ini, baru Kabupaten Seluma yang terdata sebanyak 215 pemasangan sambungan listrik gratis. Kedepan berharap agar daerah Kabupaten lain dapat merasakan pemasangan sambungan listrik gratis bagi masyarakat yang kurang mampu tersebut. Ahyan menambahkan, kriteria masyarakat menerima pemasangan ini merupakan warga yang terdata dalam Program Keluarga Harapan di Dinas Sosial setempat. Kemudian dekat dengan jaringan listrik agar pemasangan dapat terealisasi. "Kemarin yang di Kabupaten Seluma sudah terpasang dengan data 215 unit sambungan listrik terhadap warga miskin. Kedepan ini akan bertambah lagi oleh karena pilot project ini, dapat dirasakan bersama masyarskat yang kurang mampu," tandasnya. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: