Warga Semundam Minta Ganti Jembatan

Warga Semundam Minta Ganti Jembatan

RBO >>>  IPUH >>>  Pemerintah Desa (Pemdes) Semundam, Kecamatan Ipuh, kembali mengusulkan pembangunan jembatan permanen ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, dan ke Pemerintah Provinsi Bengkulu tahun anggaran 2021 mendatang. Sebenarnya banyak pembangunan yang dibutuhkan Desa Semundam. Selain pembangunan jembatan, Desa Semundam juga mengusulkan pembangunan irigasi persawahan dan pembuatan tribun mini di lapangan sepak bola milik Semundam.

Menurut Pj Kades Semundam, Abdul Mutalib, berdasarkan hasil kesepakatan bersama hingga ketingkat Musyawarah Desa (Musdes) dan Musrenbangdes kemarin, warga desa mengusulkan pembangunan jembatan permanen dalam APBD 1 dan 2 atau ke kabupaten dan provinsi. Usulan pembangunan jembatan tersebut lantaran kerusakannya sudah cukup parah. Sementara posisi jembatan itu merupakan salah satu akses utama masuk ke Desa Semundam. Sementara desa tidak memiliki kewenangan untuk membangun jembatan tersebut lantaran milik Kabupaten.

"Kondisi jembatan itu sudah lama rusak. Selama ini desa bersama masyarakat hanya bisa merehab mengganti lantainya," terangnya.

Dijelaskannya, selain usulan pembangunan jembatan, desa semundam juga mencoba mengusulkan pembangunan saluran irigasi untuk persawahan. Usulan ini lantaran irigasi yang ada saat ini sudah banyak rusak, sehingga terjadi penimbunan saluran air. Selain itu, desa juga mengusulkan pembangunan tribun mini. Namun usulan yang ini tidak bersifat mendesak atau tidak jadi prioritas. Sementara APBDes yang dimiliki desa masih banyak yang jadi prioritas untuk dibangun.

"Diantara usulan tersebut, pembangunan saluran irigasi dan pembangunan jembatan permanen berharap dijadikan prioritas Pemkab Mukomuko. Karena kedua item pembangunan itu saat ini sangat dibutuhkan masyarakat," demikian Abdul Mutalib.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: