Camat Pondok Suguh Dorong Desa Bentuk Satgas Covid-19

Camat Pondok Suguh  Dorong Desa Bentuk Satgas Covid-19

RBO >>>  PONDOK SUGUH >>>  Pemerintah Kecamatan Pondok Suguh (Ponsu), Kabupaten Mukomuko, duduk bersama Kepala Desa (Kades) dan ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada Rabu,(14/10) kemarin. Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) tersebut ada 4 point yang menjadi pokok pembahasan. Yaitu, keadaan umum Kecamatan dan Desa di tengah Pandemi Covid-19, dan rencana pembentukan satgas Covid-19 tingkat desa. Selanjutnya, progres pelaksanaan APBDes Tahun Anggaran (TA) 2020. Kemudian rencana Monev terakhir kecamatan atas pelaksanaan APBDes 2020. Dan persiapan masing-masing desa dalam menyusun RKPDes TA 2021, dan pelaksanaan Musrenbangdes.

Camat Pondok Suguh, Abdul Hadi, S.Sos saat dikonfirmasi RADAR BENGKULU mengatakan, Rakor tersebut merupakan tindak lanjut hasil Rakor Camat dan Kasi Ekobang bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko tempo hari.

"Pada intinya kita dari kecamatan melihat sejauh mana progres pelaksanaan APBDes tahun 2021, dan masalah penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di masing-masing Desa se Kecamatan Ponsu. Pelaksanaan Rakor dilakukan dua tahap. Pertama 6 desa dan kedua 5 desa. Ini mengingat kepatuhan protokol kesehatan," ungkap Abdul Hadi.

Dijelaskannya, selain dari itu, dalam Rakor tersebut pihaknya dari Kecamatan juga mendorong masing-masing desa untuk melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) terkait dengan penyaluran Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari DD (BLT-DD) untuk bulan ke 7, 8 dan bulan ke 9. Dengan mencermati ketersediaan anggaran DD TA 2020.

"Jika ada atau tidak ada lagi anggaran untuk penyaluran BLT-DD, masing-masing desa harus membuat berita acara, sesuai dengan hasil Musdes," demikian Abdul Hadi.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: