Ini Kunci Rahasia Kesembuhan Mantan Walikota dari Covid-19

Ini Kunci Rahasia Kesembuhan Mantan Walikota dari Covid-19

Covid-19, Bukan Untuk Ditakuti

JANGAN takut dan jangan cemas. Terpapar virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) tetap bisa sembuh. Meskipun belum ada obat dan vaksinnya. Mantan Walikota Bengkulu juga senator Bengkulu H. Ahmad Kanedi, SH, MH membeberkan rahasia kunci hingga akhirnya dia bisa sembuh dan dinyatakan negative kembali setelah beberapa minggu dilakukan isolasi di RSMY dan Asrama Haji.

“Alhamdulillah, setelah uji usap terakhir itu saya dinyatakan negatif dan boleh pulang ke rumah. Namun meskipun diperbolehkan pulang, saat di rumah, saya tetap terus melakukan isolasi mandiri. Dan salah satu kunci utama saya bisa sembuh dari Covid-19 ini adalah sabar,” ungkap senator Bengkulu yang akrab disapa Bang Ken tersebut pada radarbengkuluonline.com, Kamis (15/10).

Diceritakan oleh Bang Ken, awal dia terpapar virus Covid-19 ini, dia merasa kondisi tubuhnya tidak enak. Badan panas dan pusing yang tidak seperti biasanya. Setelah itu dia periksa ke dokter dan setelah dilakukan tes swab, dokter memastikan bahwa dia positif Covid-19, sejak saat itu. Bang Ken langsung dikarantina, isolasi di RSMY.

“Memang saat itu, sempat cukup shock. Sebab, saya sendiri tidak tahu terpapar darimana. Mungkin faktor 1,5 persen yang bisa saja lewat udara, atau yang lainnya. Meskipun selalu menggunakan masker, dan cuci tangan, namun ternyata saya tetap dinyatakan positif terpapar Covid-19,” cerita Bang Ken.

Sejak isolasi, lanjut Bang Ken yang pernah jadi Walikota Bengkulu tersebut. Dia terus tekun mengikuti protokoler untuk penyembuhan dari petugas medis. Minum vitamin, berolahraga, perbanyak istirahat dan mengkonsumsi obat-obat herbal yang dianjurkan seperti meminum air rebusan daun sungkai, minum air jahe merah dan yang lainnya.

“Saat terkena Covid-19 ini, intinya kita jangan sampai sesak atau pernafasan terganggu. Dengan meminum air hangat kuku, air jahe dan air daun sungkai. Serta mengkonsumsi suplemen mulitivitamin C yang dianjurkan tim medis. Kemudian tidur teratur, Alhamdulillah kita bisa sembuh. Dan tiga kunci utama untuk sembuh jika terpapar Covid-19 ini, pertama sabar, sebab kita harus sabar menghadapi cobaan tersebut. Kedua mengikuti protokoler kesehatan untuk penyembuhan. Ketiga tawakal mintalah pada Allah SWT. Dan saya mengimbau pada adik sanak semuanya di Bengkulu. Covid-19 ini ada dan nyata, namun tidak untuk ditakuti. Dan bagi yang terpapar, tetaplah semangat, sebab kita bisa sembuh dan yakinlah,” terangnya.

Bang Ken Minta Perketat Prokes di Tempat Publik, Serta Bentuk Tim Covid-19 Disetiap Pesta

Selain menceritakan pengelaman pribadinya bisa bangkit dari terpapar Covid-19, Bang Ken juga meminta agar seluruh warga masyarakat Bengkulu untuk dapat lebih memperketat Prokes Covid-19 dimanapun dan kapanpun. Termasuk di tempat-tempat public, pelayanan public, seperti pasar, mall dan yang lainnya. Bahkan untuk di setiap pesta resepsi pernikaha, kalau selama ini saat pembentukan panitia resepsi itu tidak ada, maka mulai saat ini, wajib ada seksi bidang khusus untuk menegakkan prokes Covid-19 disetiap kegiatan itu.

“Kita tidak ingin pandemic ini terus meningkat dan bertambah. Apalagi seperti di pasar-pasar yang selalu ramai terjadi transaksi jual beli, itu sangat rawan, sebab itu perlu ketat menerapkan Prokes Covid-19 tersebut. dan untuk setiap pesta pernikahan. Kalau kita lihat saat ini sudah banyak yang melaksanakan pesta secara normal, namun mereka menyiapkan temnpat cuci tangan. Tapi apakah prokes itu diterapkan saat kegiatan berlangsung? Sebab itu, perlu dibentuk panitia khusus penegakkan Covid-19 disetiap pesta,” tambah Bang Ken. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: