Digoyang Gempa 5,0 SR Warga Kota Kaget

Digoyang Gempa 5,0 SR Warga Kota Kaget

RBO >>> BENGKULU >>>  Terjadi gempa 5,0 SR pada pukul 23:58:37 Wib kemarin malam. Gempa terasa kencang di kota Bengkulu. Bahkan warga sempat kaget dan keluar rumah.

Menurut Nizar,salah seorang warga Perumahan Pabitei, Kelurahan Pematang Gubernur ,Kecamatan Muarabangkahulu, dirinya dan keluarga sempat keluar rumah karena gempa terasa cukup lama. Namun, setelah menunggu beberapa menit ia kembali ke dalam rumah.

"Awalnya terasa kecil, tapi cukup lama dan jendela rumah seperti bergetar. Takut besar lari keluar rumah," ungkap Nizar, kemarin (22/11).

Hal senada juga dirasakan warga diperumahan Griya Azahara Lestari yang sempat keluar rumah, namun karena merasa aman saat ini warga kembali masuk kerumah.

Adapun diketahui gempa tektonik dengan Magnitudo (M=) 5,0 mengguncang Provinsi Bengkulu, pada Sabtu (21/11), pukul 23.58 WIB. Gempa ini berlokasi di 4.27 Lintang Selatan (LS) - 102.11 Bujur Timur.

Dimana gempa itu berada di 55 Kilometer (Km) Barat Daya, Kota Bengkulu, 56 km Barat Daya, Kabupaten Seluma, 68 km Barat Daya, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan 86 km Barat Daya, Kabupaten Kepahiang, pada kedalaman 10 Km.

Staf Operasional BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang , Bengkulu, Malik Krisbudianto mengatakan, gempa M=5,0 merupakan gempa dengan kategori dangkal yang berpusat di Barat Daya, Kota Bengkulu.

Gempa itu, kata Malik, dirasakan di sejumlah daerah di Bengkulu. Seperti, Kabupaten Kepahiang, dengan II MMI, Kota Bengkulu III-IV MMI.

''Gempa tidak berpotensi tsunami,'' kata Malik.

Gempa di Kota Bengkulu, terang Malik, merupakan gempa dengan kedalaman dangkal, akibat aktivitas zona subduksi. Dimana hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

''Masyarakat Bengkulu diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,'' demikian Malik.(idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: