Dispar Provinsi Bina Pengrajin Batik Tulis Kampung Besurek

Dispar Provinsi Bina Pengrajin Batik Tulis Kampung Besurek

RBO >>> BENGKULU >>>  Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu melakukan pembinaan terhadap pengrajin batik tulis di kawasan Kampung Batik Besurek, Betungan Kota Bengkulu. 20 pengrajin batik yang ikut pembinaan mendapatkan bekal baru terkait teknik membatik, motiviasi dan lain sebagainya selama 3 hari berturut.

Kegiatan pembinaan Kampung Batik Besurek ini dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu disalah satu hotel dalam Kota Bengkulu dari tanggal 26 - 28 November 2020.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) Dispar Provinsi Bengkulu, Samsul Hidayat menuturkan, 2019 lalu Dispar Provinsi Bengkulu di Kampung Besurek Betungan Kota Bengkulu telah melatih 100 orang dari 150 pembatik disana. Tadinya, sisanya 50 itu akan dilatih peningkatan kemampuan membatiknya pada tahun 2020 ini. Namun karena pandemic, jadi belum dapat dilaksanakan.

"Disisi lainnya, kita latih 20 pengrajin batik tulis dari 100 orang pertama yang kita latih, mereka ada pengrajin terbaik disana. Dari 20 ini empat pembatik diantaranya sudah memiliki gerai sendiri, mereka membuat dan menjual digerai sendiri, " ujarnya.

Kabid Ekraf juga mengatakan, selama ikut pembinaan ini, mereka mendapatkan, diajarkan teknik baru terkait membatik. Lalu bagaimana mengikuti selera pasar, pemasaran dan motivasi dari narasumber ahlinya.

Pengrajin batik tulis di Kampung Batik Besurek Kelurahan Betungan terkenal dengan ciri khas motif bambu dan burung kuang yang dipadupadankan dengan ciri khas batik besurek, bunga rafflesia dan kaligrafi. (ae2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: