KPU Janji Umumkan Muslihan di Semua TPS

KPU Janji Umumkan Muslihan di Semua TPS

Hanura All Out! RBO, BENGKULU – Meninggalnya Cawagub nomor urut 1 H. Muslihan DS, menyisakan duka mendalam. Ketua tim pemenangan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 1 untuk Helmi-Muslihan (HM) Hj. Dewi Coryati M.Si meminta, agar penyelenggara pemilu di seluruh TPS dapat mengumumkan bahwa Paslon nomor urut satu masih sah untuk dipilih.

“Tentu kita minta seluruh TPS petugas KPPS nya mengumumkan meskipun Cawagub kita meninggal dunia, bukan berarti Paslon nomor urut satu ini gugur. Kita minta diumumkan bahwa Paslon nomor 1 HM tetap berjalan dan sah untuk dipilih. Dan tentu menurut kami, bagi para calon pemilih HM, mereka akan lebih bersemangat karena ada cita-cita dari Pak Muslihan almarhum yaitu membuat warga Bengkulu religius dan bahagia, bahkan perjuangan itu sampai hingga nafas terakhir. Kami akan memastikan memperjuangkan bahwa masyarakat Bengkulu akan religius dan bahagia,” ungkap Dewi Coryati, Senin (7/12).

Sebelumnya anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PAN itu juga menyampaikan, bahwa dengan meninggalnya Pak Muslihan. Awalnya sempat dibahas untuk diusulkan pergantian Cawagub. Namun berdasarkan Undang-Undang pemilihan, kalau satu bulan sebelum pencoblosan itu masih bisa dilakukan pergantian pasangan.

“Namun karena ini sudah tinggal menghitung hari pencoblosan, jadi sudah tidak bisa dilakukan pergantian. Jadi kita sekarang tinggal running saja, setelah In sya Allah kita menang nanti, maka untuk pemilihan Wakil Gubernur itu akan dilakukan oleh DPRD Provinsi. Kalau siapa calon penggantinya nanti, akan dibahas bersama Parpol koalisi serta Pak Gubernurnya,” pungkas Dewi Coryati.

Sementara itu, dari Sekretaris DPD Partai Hanura Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring SH, MH setelah kepergian almarhum Pak Muslihan. Dia memastikan seluruh kader Partai Hanura akan all out untuk memenangkan Paslon nomor urut satu.

“Kami tetap akan maksimal, bahkan saat ini kita akan all out untuk memenangkan Helmi Hasan sebagai Gubernur Bengkulu, guna mewujudkan Bengkulu yang religius dan bahagia seperti yang diinginkan oleh almarhum bapak kami Pak Muslihan. Saat ini, kita belum mau berbicara soal siapa calon pasangan Helmi menggantikan Pak Muslihan nanti. Yang penting nomor satu menang, itu dulu prioritas kita saat ini,” pungkas Usin.

Sebelumnya juga dari komisioner KPU Provinsi Bengkulu divisi hukum Eko Sugianto SP, M.Si dengan meninggalnya salah satu pasangan dalam Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu saat ini, maka nanti mereka akan mengumumkan kepada masyarakat.

“Sudah tidak bisa lagi dilakukan pergantian. Namun KPU punya kewajiban untuk mengumumkan hal itu kepada pemilih, nanti seluruh KPPS sebelum dimulainya pemungutan suara akan mengumumkan hal itu di TPS,” kata Eko.(idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: