Alat Bantu Diagnosa RSUD Mukomuko Semakin Canggih

Alat Bantu Diagnosa RSUD Mukomuko Semakin Canggih

RBO >>> MUKOMUKO >>>  Selama ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mukomuko mengandalkan rontgen sebagai alat bantu dokter mendiagnosa penyakit yang diderita pasien. Namun kedepan, dokter di rumah sakit ini bisa mengandalkan alat yang lebih canggih.

Alat tersebut yaitu Computerized Tomography Scan (CT Scan). Alat bantu diagnosa ini bantuan umum dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Alat tersebut saat ini masih dalam proses pengaktifan oleh tim teknis.

"Alhamdulillah kemarin alat CT scan bantuan umum dari Kemenkes RI sudah tiba di RSUD Mukomuko," ungkap Dirut RSUD Mukomuko, dr. Tugur Anjastiko melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Jajat Sudrajat ketika dikonfirmasi radarbengkuluonline.com  kemarin.

Katanya, CT Scan ini akan membantu dokter mendiagnosa penyakit yang diderita pasien dengan melihat potret dalam tubuh melalui teknologi perpaduan sinar x dan komputerisasi, dengan hasil yang lebih detail dibandingkan rontgen. "CT scan umumnya digunakan sebagai alat bantu diagnosis, sebagai panduan dokter untuk melakukan tindakan selanjutnya," jelas Jajat.

Lanjutnya, alat CT scan ini ditargetkan pada awal tahun 2021 mendatang sudah bisa difungsikan. Operator alat ini akan diberikan pelatihan terlebih dulu sebelum melayani pasien.

"Kalau minggu ini alat ini sudah selesai pengoperasiannya. Dan tahun depan alat ini sudah bisa difungsikan,"ucapnya.

Ditambahkannya, dengan adanya alat CT scan ini nantinya masyarakat tidak perlu jauh lagi ke Bengkulu atau Padang. Karena di RSUD Mukomuko sudah ada dan ini akan memudahkan masyarakat.

"Sebelumnya masyarakat untuk CT scan harus keluar daerah dan untuk tahun depan sudah tidak usah jauh-jauh lagi. Karena RSUD Mukomuko sudah ada alat CT scan. Dan ini jelas memudahkan masyarakat," pungkasnya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: