Budi Temukan 2 Ekor Kerbaunya Sudah Dimutilasi Orang

Budi Temukan 2 Ekor Kerbaunya Sudah Dimutilasi Orang

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Betapa remuknya hati Budi Nurman (44), warga Pasar Bantal, Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko. Pasalnya, ia mendapati dua ekor kerbau kesayangannya sudah dibantai, dengan tubuh yang tak utuh lagi. Badan kerbau sudah berubah menjadi kepingan daging yang siap jual. Hanya tersisa potongan kepala yang sudah tergeletak di lantai. Berkat sisa kepala itulah Budi dapat mengenali kerbau yang telah dimutilasi itu adalah kerbau miliknya, dari tanda di telinga kerbau.

Diduga, Budi telah menjadi korban pencurian ternak. Ia telah menyerahkan kepada pihak Kepolisian untuk mengusut kasus ini dengan melapor secara resmi kejadian yang ia alami ke Polsek Teramang Jaya pada Sabtu pagi (12/12).

"Benar, Pak Budi pada Sabtu kemarin, sekira pukul 06.00 WIB, mendatangi Polsek Teramang Jaya untuk melaporkan dugaan pencurian. Ia mengalami kehilangan dua ekor kerbau," kata Kapolres Mukomuko, AKBP Andy Arisandi, SH., S.IK., MH melalui Kapolsek Teramang Jaya, IPTU M. Simanjuntak, SH dalam keteranganya kepada radarbengkuluonline.com, Minggu (13/12).

Berdasarkan laporan, papar Kapolsek, pada Sabtu (12/12) pagi sekira pukul 05.00 WIB, Budi mendapat informasi dari Saudara Fery, warga Pondok Baru, Kecamatan Teramang Jaya, bahwa ada dua ekor kerbau telah dipotong di rumah Saudara Ari (Tukang Jagal) yang beralamat di Desa Penarik, Kecamatan Penarik.

"Jadi saudara Fery ini ditelpon oleh Rafy, Kakaknya Ari (Tukang jagal/Tukang potong ternak). Rafy nanya ke Fery, ada warga Teramang yang jual kerbau apa gak. Soalnya, ditempat adiknya ada kerbau di potong. Terus Fery menghubungi beberapa pemilik kerbau di Teramang Jaya, termasuk Pak Budi," terangnya.

Mendapat kabar dari saudara Fery itu, Budi langsung mengecek kerbaunya yang berada di Desa Teramang Jaya diketahui dua ekor kerbaunya tidak ada di lokasi. Tak banyak pikir, ia langsung mengecek ke rumah pemotongan milik Ari di Penarik. Setelah di cek, ternyata benar. Kerbau yang tengah di potong-potong itu adalah kerbau miliknya.

"Beliau bisa tahu kerbau itu milikinya karena ada tanda di telinga kerbau. Biasanya orang Teramang menandai kerbau masing-masing dengan ciri khusus, misalkan di telinga," jelasnya.

Sepulang dari Penarik, korban langsung melapor ke Polsek Teramang Jaya. Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp 35 juta.

Terduga Pelaku Ditangkap

Setelah mendapat laporan tersebut, jajaran Polsek Teramang Jaya langsung gerak cepat, melacak terduga pelaku. Berkat data-data dan keterangan pelapor dan sejumlah saksi, pada Sabtu sorenya Polisi berhasil mengamankan dua pria yang menjadi terduga pelaku pencurian kerbau milik Budi.

Adapun terduga pelaku yang diamankan pertama berinisial ES (41), alamat sesuai KTP Desa Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan Kab.Muaro Bungo Jambi. Skitar 3 bulan terakhir ngontrak di Desa Lubuk Bento, Kecamatan Pondok Suguh. Terduga kedua berinisial RR (30), warga Desa Air Hitam, Kecamatan Pondok Suguh.

"Turut diamankan 1 unit kendaraan roda empat jenis Truck warna kuning bak hijau dengan nomor polisi BA 84XX AF yang diduga digunakan untuk mengangkut kerbau," pungkas Kapolsek. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: