Sepi, Baznas Provinsi Buka Pendaftaran Beasiswa SMP Cendekia

Sepi, Baznas Provinsi Buka Pendaftaran Beasiswa SMP Cendekia

RBO >>> BENGKULU >>>  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bengkulu membuka pendaftaran beasiswa bagi murid SD se-Provinsi Bengkulu yang ingin melanjutkan studi ke SMP Cendekia Bogor. "Kami sampai saat ini masih mencari siswa yang ingin mendaftar ke SMP Cendekia. Faktor utama susah mencari siswa yang mendaftar, dikarenakan siswa yang akan berpisah dengan orangtuanya selama bersekolah di SMP Cendekia yang berlokasi di Bogor, sembari mengikuti tahapan proses panjang nantinya," ujar Ketua Baznas Provinsi Bengkulu, Drs. H. Muchtaridi Baijuri, MM kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Kendala lain kenapa siswa belum ada yang mendaftar, risiko lainnya juga sangat besar jika siswa mengundurkan diri ditengah jalan, maka pihaknya harus menggantikan dana yang sudah dikeluarkan dari pusat tersebut. Mulai dari memberangkatkan siswa tes ke Jakarta, dan biaya pendidikan akan ditanggung oleh pihak Baznas, siswa hanya belajar dengan giat dan lulus dengan nilai yang baik.

"Kami sudah sampaikan pendaftaran ini ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota, dan Kementerian Agama, belum ada respon dari mereka. Untuk kuota bagi siswa yang mendaftar, itu tidak kami batasi. Sebab, mereka akan diseleksi lagi dari pihak pusat," terangnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat jangan sia-siakan beasiswa ke SMP Cendekia ini. Sebab, prestasi sekolah dan sarana prasarana sekolah sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. "SMP Cendekia ini sudah lama bekerjasama dengan Baznas di seluruh Indonesia. Namun disayangkan, untuk di Provinsi Bengkulu belum ada satupun perwakilan siswa kita yang bersekolah disana. Semoga tahun ini akan ada perwakilan dari Provinsi Bengkulu," harapnya.

Untuk waktu pendaftaram SMP Cendekia Baznas, pendaftaran dari tanggal 10 November 2020 sampai 10 Januari 2021, pengumuman seleksi administrasi 17 Januari 2021, tes akademik 30 Januari 2021, wawancara orangtua 1 sampai 7 Februari 2021, survey faktual 8 sampai 28 Februari 2021, psikotes dan tes baca Al-Quran 15 sampai 27 Maret 2021, pengumuman siswa diterima 21 April 2021.

Untuk persyaratan khusus, memiliki prestasi akademik dengan rata-rata nilai rapor kelas IV-V minimal, 7,5 pada mata pelajaran, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Matematika. Mengisi formulir pendaftaran yang dapat diakses di bit.ly/PPDBSCB. Siap bertempat tinggal di asrama. Mengumpulkan berkas, fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi rapor kelas IV sampai V yang telah dilegalisir oleh pihak sekolah asal, fotokopi Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), fotokopi piagam atau sertifikat yang diraih (bila ada). (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: