Enam SD Negeri di Kota Akan Digabungkan

Enam SD Negeri di Kota Akan Digabungkan

RBO >>>  BENGKULU >>>  Baru-baru ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu sudah melakukan hasil pemetaan, terkait penertiban nomenklatur sekolah (tata nama sekolah). Dari hasil tersebut, pihaknya berencana akan menggabungkan enam Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Bengkulu.

" Maksudnya momenklatur sekolah ini, adalah sistem penamaan sekolah, berdasarkan peraturan-peraturan yang berlaku. Termasuk adanya penyesuaian, maupun perubahan terhadap nama-nama sekolah tersebut. Namun, kami masih mengkaji sekolah yang akan digabungkan ini. Dari berbagai aspek pertimbangan, baik itu, jumlah murid, efisiensi, serta faktor jarak antar sekolah yang berdekatan," ujar Kepala Dikbud Kota, Dra, Rosmayetti, MM kepada radarbengkuluonline.com, Kamis (28/1).

Dijelaskannya, dengan adanya penggabungan tersebut dikarenakan ada sekolah kurang efektif. Dari jumlah peserta didik tidak memadai, minim sarana prasarana, dan lain-lain. Jika sekolah itu tidak digabungkan, dikhawatirkan tidak mampu memenuhi 8 standar nasional pendidikan Indonesia, yang ditetapkan dalam Produk Peraturan Menteri Pendidikan nasional (Permendiknas).

"Untuk saat ini, kami belum bisa memberitahu enam sekolah yang akan digabungkan ini. Sebab, di Kota Bengkulu memang banyak sekolah yang muridnya sedikit. Sarana prasarana memang tidak terlalu memadai. Di samping itu, dengan jumlah murid sedikit tentunya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) juga sedikit didapat," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: