Distan Kebut Pendataan Calon Penerima Replanting di Mukomuko

Distan Kebut Pendataan Calon Penerima Replanting di Mukomuko

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pertanian (Distan) saat ini terus mengebut pendataan lahan calon penerima program peremajaan kelapa sawit yang tidak produktif atau replanting.

Distan menargetkan, tahun ini bisa mengusulkan 1.500 hektar lahan kebun kelapa sawit milik masyarakat di daerah ini mendapat program replanting dari Pemerintah Pusat.

"Yang sudah terdata sampai saat ini sekitar 1.000 hektar. Target kita 1.500 hektar lahan yang tersebar di 15 kecamatan bisa kita usulkan tahun ini," kata Plt. Kadistan Mukomuko, Junaidi, SP. ketika dikonfirmasi radarbengkuluonline.com tadi siang.

Junaidi menuturkan, saat ini pihaknya sudah turun ke lapangan untuk melakukan pendataan dan melihat lokasi lahan masyarakat yang akan diusulkan kepada Pemerintah Pusat. Kemudian, persyaratan atau data ini akan dilakukan verifikasi oleh Pemerintah Pusat.

Dijelaskannya, bahwa untuk mendapatkan program replanting ini masyarakat harus memenuhi syarat yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Salah satunya yakni lahan tersebut memiliki surat tanah dan kemudian masyarakat tersebut tergabung dalam kelompok tani.

Ditambahkannya, bahwa antusias masyarakat Kabupaten Mukomuko untuk mendapat bantuan program peremajaan kelapa sawit ini sangat tinggi. Ini terlihat banyaknya usulan dari masyarakat ke Distan Mukomuko.

"Antusias masyarakat sangat tinggi. Ini wajar, banyak tanaman sawit milik masyarakat kita sudah tua. Tidak sedikit pula yang kurang produktif walau usia tanaman masih muda. Banyak yang ingin melakukan peremajaan. Kalau tahun lalu anggaran per hektar yang dikucurkan sebesar Rp 25 juta. Sementara sekarang naik menjadi Rp 30 juta per hektar lahan," demikian Junaidi. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: