Panitia Pilkades LSI Dilantik

Panitia Pilkades LSI Dilantik

RBO,MANNA - Sebelum Pilkades 127 Desa secaraserentak, Pemerintah Desa wajib membentuk panitia Pilkades. Yang terdiri dari beberapa unsur yang berjumlah ganjil, mulai dari 5 orang, 7 orang dan maksimal 11 orang. Mereka mempunyai tugas mulai dari tahapan sampai penetapan Kades definitif.

Kepala Desa Lubuk Sirih Ilir, Herwan Afrisal mengatakan pihaknya sudah melakukan pelantikan pada 11 orang panitia pilkades. Mereka menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya. "Untuk 11 panitia Pilkades ini sudah kita ambil sumpahnya semoga dengan disumpahnya. Panitia ini bisa menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional dan melakukan pendataan Daftar Pemilih Tetap(DPT) yang akan memberikan hak suaranya pada pilkades nanti," kata Afrisal di kediamannya Desa LSI Minggu(04/04). Walaupun saat ini Afrizal sudah hampir memasuki akhir masa jabatan 11 juni 2021 mendatang. Tetapi dirinya meminta pelaksanaan Pilkades ini nanti bisa berjalan dengan lancar dan baik. Untuk itu bekerjalah sesuai aturan dan petunjuk yang berlaku. Serta lakukanlah tugas dengan penuh tanggung jawab. Untuk menghindari persoalan yang akan terjadi dikemudian hari. Sebagai Pemerintah Desa dalam penyelenggaraan pilkades ini, hanya memotivasi dan memfasilitasi kebutuhan kegiatan yang sifatnya bersumber dari APBDes. "Dalam pelaksanaannya merupakan tanggung jawab dari panitia Pilkades. Dimana tugas panitia ini menyukseskan pilkades ini mulai dengan masa jabatan Kades dari 2021 sampai 2027, kita berharap dengan terpilihnya kades yang baru mampu membawa perubahan terhadap desa," jelas dia.

Ketua BPD Wandi mengatakan bahwa dengan terpilihnya 11 panitia ini mampu menjadi panitia yang netral dan berintegritas di bidangnya masing - masing. "Sebagai panitia yang berfungsi juga sebagai pengawasan diharapkan juga kepada masyarakat untuk berperan aktif apabila ada kecurangan yang terjadi,Apalagi hal ini dilakukan oleh panitia,apabila hal itu terbukti pihaknya akan memberikan sanksi," papar Wandi.

Ketua panitia Pilkades, Engki mengungkapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang sudah diberikan kepada pihak panitia, maka sebagai panitia akan menjalankan tugas dan fungsinya sebaik mungkin. “Hal pertama yang akan kami lakukan adalah melakukan pendataan DPT. Karena jumlah DPT yang ada di LSI ini cukup banyak. Sesuai aturan yang ada Pilkades LSI ini akan kita buatkan dua TPS. Karena jumlah tiap TPS maksimal 500 DPT. Sedangkan tahun sebelumnya DPT LSI berjumlah 800 DPT. Hal itu kita lakukan guna mengurangi kerumunan yang berpotensi terhadap penyebaran Covid - 19," tutup Engki.(afa)

Berikut Nama Panitia Pilkades LSI

1. Ketua Engki sebagai Ketua

2. Sekretaris sebagai Okman Hartedi

Anggota : Alfis Rory Wiranata Delta Maryani Nini Sumarni M syarifudin Elsa Febriana Dedi Hariza Putra Ozzy Rahma Fitri. Keamanan :M. Suhin Riskan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: