Pamsimas Mendekatkan Sumber Mata Air ke Masyarakat

Pamsimas Mendekatkan Sumber Mata Air ke Masyarakat

RBO, MANNA - Kebutuhan air bersih adalah kebutuhan dasar manusia. Oleh karenanya pemerintah menghadirkan Pamsimas untuk menjawab permasalahan sumber air bersih bagi masyarakat.Saat ini yang sudah berjalan dengan baik program tersebut adalah di Desa Terulung, Kecamatan Manna. Dimana sumber mata air tersebut dapat dihadirkan ke tengah masyarakat. pada saat musim kemarau, masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkan air bersih lagi.Pendamping Teknik Pamsimas, Farul Ardan mengatakan Pamsimas artinya penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat. Berarti program ini untuk masyarakat, dari masyarakat, oleh masyarakat. "Pamsimas bukan penyedia air minum. Masyarakat jangan salah dalam mengartikannya, kami ini hanya mendekatkan sumber mata air yang jauh agar mendekat ke masyarakat," kata Farul di Desa Terulung, Jumat (09/04).

Bentuk dari program tersebut salah satunya adalah sanitasi, seperti sarana cuci tangan di Desa Terulung ini.  Saat ini mendapatkan empat tempat cuci tangan dengan pembagian dua untuk masyarakat umum dan dua lagi khusus di Sekolah Dasar (SD).

Mengapa tempat cuci tangan ini difokuskan di tingkat SD. Karena pola pendidikan dasar bermula dari tingkat SD, sehingga dengan dimulainya rutin cuci tangan yang digalakkan maka akan menjadi kebiasaan untuk hidup sehat. "Semoga kedepannya sarana tempat cuci tangan yang permanen disediakan Pamsimas akan menjadi agen tingkat dasar, sehingga kita yakin kedepannya akan tercipta pola hidup yang sehat," kata dia.

Dengan hadirnya sumber air bersih ini diharapkan mampu mencukupi kebutuhan 220 Kepala Keluarga yang ada di Desa Terulung. Sehingga tidak ada lagi persoalan yang timbul terkait dengan kesulitan untuk mendapatkan air yang bersih.

Mengenai sumber air yang disediakan ini tidak bisa langsung diminum. Tetapi air ini layak untuk dikonsumsi karena sudah melalui kajian hasil laboratorium dari pihak terkait seperti Dinas Kesehatan dan sebagainya. Untuk mengukur apakah dalam air tersebut ada kandungan zat berbahaya baik dari sumber air, ujung pipa air sebelum digunakan agar benar - benar layak untuk dikonsumsi. "Diharapkan adanya Pamsimas ini bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan air bersih," kata Farul.

Pj Kepala Desa Migardi mengatakan hadirnya Pamsimas ini sangat membantu masyarakat di Di Desa Terulung untuk terus mendapatkan air yang bersih. "Semoga dengan terpenuhi kebutuhan utama masyarakat dalam menjalani kehidupan kita berharap semua masyarakat bisa tetap sehat walaupun disaat kemarau kita kekurangan air,begitu juga kepada Pemerintah kami mengucapkan terima kasih telah merealisasikan proposal yang sudah disampaikan berarti Pemerintah tersebut memperhatikan apa yang menjadi kesulitan masyarakatnya," Pungkas Migardi.(afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: