Kajari Pantau Penyaluran BLT DD di Ujung Padang

Kajari Pantau Penyaluran BLT DD di Ujung Padang

Kalau Ada Dugaan Pelanggaran, Laporkan!

RBO >>> MUKOMUKO >>>  Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Mukomuko, Rudi Iskandar, SH turun ke lapangan untuk memantau langsung penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko, Rabu (21/4).

Dalam sambutannya, Kajari menyampaikan bahwa Kejaksaan Negeri Mukomuko memiliki salah satu program yaitu "Kami Pantau Agar Uang Desaku Tertib" atau disebut juga "Kapuang Sakti". Salah satu bentuknya yaitu turun memantau kegiatan di desa.

Hal ini juga, lanjut Rudi, dilakukan dalam rangka optimalisasi pelaksanaan pendampingan terhadap refocusing kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan Covid-19, serta Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). "Saya tegaskan, bantuan ini harus tepat sasaran. Jangan sampai ada yang layak untuk menerima tetapi tidak dapat, malah justru ada yang tidak layak dapat malah menerima. Ini termasuk kategori merugikan keuangan negara jika ada yang tidak layak tetapi menerima," sampainya.

Selain itu, Kajari Mukomuko memberikan arahan khususnya kepada Kepala Desa di Wilayah Kabupaten Mukomuko dan jajaran. Ia meminta dalam melaksanakan kegiatan penyaluran BLT-DD agar senantiasa berpedoman pada peraturan Perundang-Undangan dan dilakukan secara profesional serta transparan. "BLT Dana Desa bersifat mandiri yang dikelola langsung oleh Pemerintah Desa. Oleh karena itu jika ada yang ganda, maka harus dihapuskan. Kepada warga penerima manfaat, semoga BLT Dana Desa dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari," jelasnya.

Kajari Mukomuko mengajak masyarakat untuk aktif memantau serta melaporkan jika ada penyalahgunaan keuangan negara dalam pengelolaan dana desa. Pihak Kejari Mukomuko siap terbuka untuk itu. "Kalau ada yang melanggar laporkan," tegasnya lagi.

Penyaluran BLT-DD di Desa Ujung Padang, Kota Mukomuko itu, dihadiri langsung oleh Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA serta Kepala KPPN Mukomuko, Rusli Zulfian. Turut hadir, Kadis PMD Mukomuko, Gianto, SH dan sejumlah pejabat lain. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: