Memoar Lapangan Terbang Padang Panjang Bengkulu Selatan Dalam Catatan (3)

Memoar Lapangan Terbang Padang Panjang Bengkulu Selatan Dalam Catatan (3)

Lahan Itu Harus Dimanfaatkan untuk Kemakmuran Rakyat

LOKASI Lapangan Terbang Padang Panjang yang ada di Bengkulu Selatan ini sebenarnya pemerintah daerah ingin sekali memanfaatkan. Salah satunya dengan cara membangun kantor pemerintahan disana sebagian kecilnya. Sedangkan yang sebagian besarnya, lahannya itu terbengkalai begitu saja.  Sebaiknya, lahan yang terbengkalai itu dimanfaatkan juga untuk kepentingan lainnnya. Namun tentunya, perlu koordinasi dengan Mabes TNI AU. Berikut laporan terakhir dari 3 tulisan yang ditulis wartawan radarbengkuluonline.com berikut ini.

AZMALIAR ZAROS – Kota Manna

Tahun 2011 lalu, pemerintah daerah setempat di bawah kepemimpinan Dirwan Mahmud, pernah memprogramkan pembangunan bandara perintis tersebut. Namun program itu tertunda lantaran beberapa persoalan. Diantaranya akibat klaim kepemilikan lahan yang dilakukan oleh masyarakat penggarap lahan. Bupati Kabupaten Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud pernah mengatakan, berbagai permasalahan itu harus segera selesai dalam waktu dekat. Menurutnya, keberadaan bandara itu sangat berpotensi dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi baru. Bandara itu nantinya akan digunakan untuk mendukung program strategis pariwisata. Harapannya, pesawat penumpang regional jarak pendek bermesin twin turboprop atau ATR bisa mendarat. Pesawat ini bisa mengangkut penumpang dan memperlancar aksesibilitas transportasi bagi sektor pariwisata di Bengkulu Selatan. Apabila bandara perintis itu terwujud, maka Bengkulu Selatan memiliki Bandara pertama yang diproyeksikan untuk memperkuat konektivitas udara antara Kabupaten Bengkulu Selatan dengan beberapa daerah penunjang.

Rencana untuk membuat Bandara Perintis ini mendapat dukungan dari Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Palembang, Kolonel Pnb Ester Hariyanto. Menurutnya, pemanfaatan lahan itu akan berdampak sangat baik terhadap meningkatnya laju perekonomian daerah. Sebab dengan adanya bandara perintis itu, maka akan memberikan kebaikan bagi masyarakat Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu. Sebab, di Bengkulu Selatan ini banyak sekali objek wisata yang bisa dinikmati dan disaksikan langsung oleh turis atau wisatawan.

Dengan banyaknya wisatawan yang bisa berkunjung ke Bengkulu Selatan itu, jelas akan banyak pula uang yang akan mereka belanjakan di daerah ini. Dengan banyaknya uang yang beredar di daerah ini, otomatis ekonomi masyarakat semakin bagus. Kemudian, kesejahteraan masyarakat semakin baik pula. PAD Bengkulu Selatan semakin meningkat. Dengan demikian, Pemerintah daerah akan bisa membangun berbagai fasilitas untuk daerah ini. Termasuk juga untuk membenahi pariwisatanya.

Namun kalau Bandara Perintis itu belum akan dibangun, ada baiknya Pemda Bengkulu Selatan berkoordinasi dengan pihak TNI AU dan pihak terkait lainnnya untuk mengalihkan sementara lahan itu untuk membangun fasilitas lain. Tentunya, bangunan yang dibuat itu jangan bersifat permanen. Sehingga, bila sewaktu-waktu pemerintah sudah siap anggaran untuk membangun Bandara Perintis, tinggal melaksanakannya lagi.

Fasilitas yang bisa dibuat disana antara lain bisa membuat sirkuit balap motor berskala besar. Kemudian dibuat even setiap tahun. Sebab, di daerah ini belum ada sirkuit berskala besar. Sementara pembalap Bengkulu tidak sedikit jumlahnya. Dengan adanya even digelar setiap tahun, tentu akan memberikan dampak positif bagi daerah ini.

Selain itu, bisa juga dibuat arena wisata pantai. Disana dibuat tempat-tempat santai dan warung-warung wisata. Kemudian juga dibuat jalan lingkar sepanjang pantai. Dengan adanya arena santai tersebut warga Bengkulu Selatan bisa menikmati keindahan alam pantai menjelang matahari tenggelam.   (habis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: