PGRI Harap 4.842 Guru PPPK Sesuai Kebutuhan

PGRI Harap 4.842 Guru PPPK Sesuai Kebutuhan

RBO, BENGKULU - Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Bengkulu Dr Hariyadi berharap agar pelaksanaan seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di Provinsi Bengkulu sesuai dengan kebutuhan. Seleksi kompetensi PPPK nonguru menggunakan sistem computer Assited Tes (CAT) BKN, diperkirakan digelar pada Juli hingga September. Selanjutnya, seleksi kompetensi PPPK guru (CBT) Kemendikbud dibagi dalam tiga tes. Yaitu, tes I pada Agustus 2021, tes 2 bulan Oktober 2021 dan tes III pada Desember 2021.

"Memang ada kebijakan pusat rencana penerimaan ASN melalui P3K khusus guru dimana ada dua jalur yakni U35 plus (umur 35 tahun keatas) dan Reguler yang bisa diikuti honorer dan guru yang memiliki sertifikat mengajar," terangnya kemarin Jumat (28/5).

Hingga saat ini regulasi tersebut masih menunggu dari pemerintah pusat. "Awalnya ada kuota sebanyak 1 juta se Indonesia tersebar di daerah ini diusulkan teknis Kabupaten dan Kota melalui BKD dengan leding sektor dinas pendidikan dan kebudayaan masing masing. Hingga saat ini regulasi masih dalam proses," katanya.

Sampai saat ini pemerintah belum mengumumkan passing grade yang harus dicapai para tenaga honorer sebagai ambang batas dinyatakan lulus seleksi. Meski begitu, pemerintah telah memberikan tambahan nilai bagi para guru honorer dengan tambahan nilai/afirmasi yang memiliki sertifikat pendidik yang linier dengan formasi yang dilamar. Kemudian, tambahan nilai juga dilihat dari faktor usia. Para peserta yang memiliki usia di atas 35 tahun dan berstatus aktif sebagai guru selama 3 tahun berdasarkan data pokok pendidik, disabilitas dan guru honorer THK-II.

"Kita berharap pemerintah pusat agar dapat benar-benar mengalokasi penerimaan guru yang ada. Untuk kebutuhan kumulatif totalitas kemungkinan belum karena kita tidak memahami kebutuhan masing-masing kuota. Karena kebutuhan tenaga guru yang diangkat ini sangat lah banyak," pungkasnya.

Seperti diketahui usulan formasi guru PPPK Provinsi Bengkulu, yang diterima sebanyak 4.842 guru dari 10.511 yang diusulkan. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: